Kepala Kemenag Palu : Umat Beragama Jangan Ragu Ikuti Vaksinasi Covid-19

oleh -
Kepala Kementerian Agama Kota Palu, Nasrudin L. Midu usai melakukan vaksin. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Kepala Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Palu, Nasruddin  L. Midu mengajak seluruh umat beragama di Kota Palu, untuk tidak ragu mengikuti vaksinasi Covid-19.

Keikutsertaan masyarakat dalam program vaksinasi secara gratis tersebut, merupakan bagian dari ikhtiar bersama untuk melindungi diri dari wabah virus corona.

Hal itu disampaikan Nasruddin L. Midu usai mengikuti penyuntikan vaksin Covid-19 bersama para guru madrasah di Puskesmas Sangurara, Duyu, pada Senin (12/4/2021).

“Saya meminta kepada seluruh umat beragama yang sesuai dengan kriteria dan syarat kesehatan yang ditentukan agar jangan ragu mengikuti vaksinasi Covid-19 apabila nanti gilirannya sudah tiba,” ucapnya.

Menjelang masuknya bulan suci Ramadan, Nasruddin mengatakan orang yang disuntikan vaksin pada saat puasa juga tidak akan membatalkan puasanya.

“Vaksinasi menggunakan jarum suntik boleh dilakukan pada saat berpuasa dan tidak akan membatalkan puasa, karena selain vaksin tidak diberikan melalui mulut atau rongga tubuh lainnya seperti hidung dan telinga, vaksin juga tidak memiliki sifat memuaskan keinginan dan juga bukan zat makanan yang mengenyangkan,” terang Nasruddin.

Selain itu Narudin juga menghimbau kepada pegawai syara yang sudah ditetapkan untuk mengikuti program vaksinasi, agar mengikuti program tersebut. Hal wajib ini dilakukan mengingat pegawai syara akan banyak berinterkasi dan mengurus para jemaah yang datang untuk melakukan shalat tarawih dan kegiatan-kegiatan ibadah lainnya di Masjid.

Nasruddin juga memberi apresiasi kepada Pemkot Palu yang telah melakukan vaksinasi tehadap jemaah haji lansia pada Maret lalu. Pihaknya mengharapkan jemaah haji diluar kategori lansia juga mengikuti program vaksinasi seusai jadwal yang ditetapkan.

“Jemaah haji yang akan memperoleh jatah berangkat ditahun ini, yang sempat tertunda di tahun 2020 saya harapkan agar mengikuti program vaksinasi ini,” tuturnya.

Kakankemenag Kota Palu itu menegaskan, vaksinasi tersebut bukanlah obat, melainkan upaya pencegahan yang tetap harus diikuti dengan kepatuhan terhadap protocol kesehatan.

“Upaya vaksinasi tersebut juga merupakan ikhtiar pemerintah khususnya pemerintah Kota Palu sebagai wujud kecintaan kepada masyarakatnya. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mendukung program ini” pungkasnya. (FUAD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.