Kepala BNPB Tinjau Lokasi Pembangunan Rumah Gunakan Dana Stimulant

oleh -
Kepala BNPB pusat berbincang dengan Kepala BPBD Kota Palu Presly Tampubolon, sesaat setelah meninjau pembangunan perumahan warga penyintas dengan menggunakan bantuan dana hibah. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Sejak dilantik akhir bulan November 2021 lalu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Letjen Suharyanto menggantikan Letnan Jenderal Ganip Warsito, berkunjung ke Palu sekaligus melihat langsung lokasi pembangunan-pembangunan rumah warga penyintas korban bencana 28 September 2018, dengan menggunakan bantuan dana stimulant dari pusat.

Kepala BNPB Pusat bersama romobongan meninjau perumahan di relokasi Huntap Mandiri kelurahan Mamboro. FOTO : IST

Kepala BNPB pusat beserta rombongan, diantaranya Deputi Bidang RR BNPB Jarwansyah, S.Pd, M.Ap. M.M, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik H. Ali Bernadus, S.Km, M.A, Kepala BPBD provinsi Sulawesi Tengah Datu Pamusu, Kepala BPBD Kota Palu Presly Tampubolon, meninjau langsung lokasi pembangunan rumah relokasi masyarakat terdampak kelurahan Mamboro dan pembangunan rumah warga stimulant di sekitar jalan Suprapto dan sekitarnya.

Kepala BPBD Kota Palu Presly Tampubolon, mengatakan, kedatangan Kepala BNPB pusat langsung ke Palu tidak lain dan tidak bukan hanya untuk memastikan bahwa penggunaan dana stimulant sudah sesuai dengan tepat sasaran kepada warga terdampak yang berhak menerimanya.

“Beliau meninjau pembangunan-pembangunan yang menggunakan program stimulant dana hibah dari pusat,” ungkap Presly Tampubolon kepada SultengNews.com belum lama ini.

“Ada beberapa titik yang kita sampaikan kepada beliau sebagai bahan evaluasi, bahwa kota Palu telah melaksanakan penyaluran stimulant dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan,” sambung dia.

Dalam arahan dan pesan Kepala BNPB pusat, katanya menambahkan, agar supaya pembangunan tersebut harus tepat sasaran dan bertujuan pemanfaatannya untuk warga yang memang benar-benar memiliki hak untuk mendapatkannya.

Selain itu, arahan dari Kepala BNPB, agar bangunan rumah yang dengan menggunakan dana stimulant baik itu menggunakan dana stimulant rusak berat, sedang dan ringan, untuk segera dihuni oleh warga penerima.

“Arahan juga diberikan oleh beliau, bagaimana supaya dalam pengelolaan dana stimulant tersebut memberikan efek yang positif bagi masyarakat,” kata dia.

“Dan masyarakat dihimbau mengunakan dana dengan baik. Dana itu dalam arti ini adalah dana pemerintah untuk masyarakat yang terdampak yang diberikan bantuan dana dari hibah,” jelas Presly Tampubolon.(zal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.