Kepala Basarnas Palu Harapkan Kuota Personilnya Bisa Bertambah

oleh -
Kepala Basarnas Kota Palu, Andrias Hendrik Johanes saat memberikan keterangan pers kepada awak media usai pembukaan Rakorsarda, Kamis (01/04/2021). FOTO : MOH NURFIANSYAH

PALU,SULTENGNEWS.COM – Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Palu mengharapkan kuota personilnya bisa bertambah agar dalam melaksanakan tugas menangani bencana alam lebih efektif.

Hal tersebut disampaikan Kepala Basarnas Kota Palu, Andrias Hendrik Johanes pada kegiatan Rapat Kordinasi SAR Daerah (Rakorsarda) Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu yang berlangsung di Hotel Best Western, Kamis (01/04/2021).

“Yah kita harapkan agar Pemerintah Pusat bisa menambahkan kuota personil untuk Basarnas yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), karena saat ini jumlah personil Basarnas se-Sulteng hanya 86 orang. Jumlah tersebut kemudian dibagi lagi untuk tiap-tiap daerah Kabupaten/Kota yang ada di Sulteng,”unkapnya.

Dikatakan, kuota yang diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk anggota Basarna yaitu sepuluh ribu orang se-Indonesia. Namun saat ini, baru sekira tiga ribu lebih anggota Basarnas se-Indonesia.

“Sebenarnya kuota yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Pertahanan (Menpan) RI yaitu sepuluh ribu orang, namun yang ada saat ini masih jauh dari jumlah tersebut. Terlepas dari itu, kita bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), TNI-Polri untuk menangani bencana alam. Jadi kita menunggu instruksi dari Menpan terkait perekrutan personil Basarnas,” tuturnya.

Meski masih kekurangan personil SAR, Kepala Basarnas Palu berharap agar melalui Rakorsarda itu, setiap personil dan Pemda juga TNI-Polri bersinergi meningkatkan kesiap siagaan dalam menghadapi bencana di Sulteng di masa Pandemi Covid-19.

“Kita harus siap dalam menghadapi bencana yang akan datang, karena di Sulteng ini terutama di Kota Palu sering terjadi bencana alam seperti gempa, banjir, longsor dan juga Tsunami dua tahun silam,” harapnya. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *