Kenaikan Pajak dan Retribusi Harus Memperhatikan Usaha Kecil

oleh -
Suasana rapat Pansus pembahasan Raperda Pajak dan Retribusi di Kantor DPRD Parigi Moutong. FOTO : INTAN ARIF

PARIGI, SULTENGNEWS.COM – Anggota DPRD Kabupaten Parigi Moutong, Suardi dalam rapat Pansus yang dipimpinnya, Rabu (18/3/2020) meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengajukan kenaikan Pajak dan Retribusi harap memperhatikan kepentingan usaha kecil.

Hal itu ia ungkapkan menyusul pembahasan kenaikkan pajak retribusi bersama Dinas Perhubungan.
Dinas tersebut berencana menaikkan retribusi untuk perubahan plat nomor dari warna kuning ke hitam dengan bayaran yang cukup tinggi yakni Rp100 ribu, padahal sebelumnya hanya berlaku Rp 15 ribu.

“Perlu diketahui bahwa tidak semua yang memiliki plat kuning ini usahanya maju. Malah terbalik. Apalagi saat ini mereka harus bersaing dengan hadirnya sejumlah jasa angkutan serupa,” tutur Suardi.

Menurutnya, jika mempertimbangkan kondisi ekonomi saat ini, pemilik mobil plat kuning memang saat ini lebih banyak mengganti plat mobilnya menjadi hitam bukan karena keinginan pribadi, tetapi karena desakan ekonomi.

“Jadi tidak pantas kita menaikkan retribusinya sebesar itu hanya karena dianggap seenaknya mengganti warna plat nomor.

Baliknya ia menyarankan agar Dinas Perhubungan menaikkan pajak dan retribusinya kepada angkutan pemilik modal besar seperti bus, mobil kontainer dan truk gandeng.

“Itu kan pasti orangnya banyak uang. Jadi untuk jasa angkutan yang tergolong usaha kecil harap jangan dipersulit. Supaya kehidupan mereka tetap berlanjut,”tutup Suardi. INT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *