Kemenkes RI : Vaksinasi Upaya Untuk Memerangi Pandemi Covid-19

oleh -
Dirut Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI drg. Farichah Hanum saat menghadiri penyuntikan vaksin covid-19 sinovac asal Cina, di RSUD Undata Palu. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) yang diwakili Dirut Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI drg. Farichah Hanum menghadiri penyuntikan vaksin covid-19 sinovac asal Cina, di RSUD Undata Palu, Kamis (14/01/2021).

“Kegiatan kali ini adalah bentuk kongkrit upaya kita semua untuk memerangi pandemi covid-19, jadi upaya yang sudah kita lakukan bersama, baik itu pemerintah maupun stakeholder yang lain, berupaya untuk mengendalikan covid-19 ini,”ujar Farichah.

Menurut Farichah, vaksinasi akan dilakukan di tingkat pusat dan daerah dalam waktu dekat.

“Kemudian upaya vaksinasi, yang kita akan bulatkan dari tingkat pusat hingga tingkat daerah,”ucapnya.

Selain itu, Farichah mengatakan, perlunya antisipasi lonjakan penyebaran covid-19, karena kata dia, belum lama ini kasus covid-19 di Sulawesi Tengah (Sulteng) mengalami kenaikan yang signifikan.

“Antisipasi yang harus dilakukan pengandali kapasitas, karena kemarin di Sulteng adalah kasus tertinggi peningkatan covid-19,”ungkapnya.

Bagi Farichah yang harus dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng yakni memastikan fasilitas pelayanan kesehatan siap menghadapi lonjakan kapasitas kasus covid-19.

“Memastikan tempat tidur, memastikan APD (Alat Pelindung Diri) mencukupi dalam 3 bulan kedepan, dan memastikan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk perawatan itu mencukupi, sehingga proses rekrutmen tetap dilakukan di Dinkes,”ucap Farichah.

“Tentu saja semua itu akan mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Kesehatan,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *