Kelurahan Talise Valangguni Terpilih Sebagai Pilot Pojet Berdikari

oleh -
Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, Ansyar Sutiadi. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Kelurahan Talise Valangguni, kecamatan Mantikulore, kota Palu, terpilih sebagai pilot projet kelurahan Berdikari di kota Palu, dari 46 kelurahan yang ada.

Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu Ansyar Sutiadi, mengatakan, kelurahan Berdikari tersebut adalah bagian dari program kerjasama yang dibangun oleh Pemerintah Kota Palu bersama dengan Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) RI sehubungan dengan implementasi nilai-nilai Pancasila.

Sementara, kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore terpilih sebagai Pilot Project Kelurahan Berdikari di Kota Palu, dan akan diluncurkan bulan Maret akan datang.

“Ini adalah tindaklanjut dari kerjasama yang dibangun oleh Pemerintah Kota Palu dengan BPIP RI sehubungan dengan implementasi nilai-nilai Pancasila, salah satu programnya adalah Kelurahan Berdikari,” ungkap Ansyar Sutiadi kepada SultengNews.com, Kamis (24/2/2022).

Selain Kelurahan Berdikari, lanjut Ansyar, dalam waktu dekat pula akan dilaksanakan Diklat wawasan kebangsaan dengan sasaran dari unsur masyarakat kota Palu, khususnya kalangan pemuda, sebagai generasi penerus bangsa.

“Insya Allah bakal dilaksanakan dimulai dari tanggal 13- 17 Maret 2022, mendatang,” sambung dia.

Pelaksanaan kegiatan tersebut akan menghadirkan Deputi BPIP, Slamet Rahardjo dan Christine Hakim, keduanya adalah artis yang menjadi ikon Pancasila. Guna menunjang wawasan kebangsaan tersebut.

“Badan Kesbangpol Kota Palu telah membuat sebuah wadah Broadcast Pancasila, yang nantinya akan menghadirkan para tokoh sebagai pembicara edukasi nilai-nilai Pancasila di masyarakat,” jelas dia.

Terpisah, Analis Kebijakan Ahli Madya BPIP RI, Rahmat Mustofa mengatakan, Kelurahan Berdikari ini sesuai dengan yang diamanatkan oleh Bung Karno, yang dimaksud Berdikari adalah Berdiri di Kaki Sendiri, berdaulat dalam politik, Ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

BPIP RI menurutnya, mencoba mendorong terbentuknya Kelurahan Berdikari di Kota Palu, dan jika ini dapat berjalan maka ini adalah Kelurahan Berdikari kedua di Indonesia setelah yang ada di Solo.

“Kenapa Kelurahan Berdikari ini didorong, karena secara filosopi berpikirnya itu supaya masyarakat ini bisa mandiri secara budaya, secara ekonomi, dan secara politik, sehingga kelurahan itu tangguh,” kata Rahmat Mustafa.

Katanya menambahkan, kelurahan itu katanya, biasanya berbeda dengan desa, kelurahan warganya lebih beragam dari sisi etnis, agama, budaya, bahasa, sehingga konsep berdikari ini mampu menyatukan perbedaan-perbedaan itu dalam satu semangat, yakni semangat gotong royong.

“Tujuannya itu adalah bagaimana kita membangun kembali budaya-budaya kita yang positif, dari sisi ekonomi bagaimana kita menumbuhkan kembali ekonomi kita di tengah pandemi. Bagaimana masyarakat bisa tetap tangguh dalam menghadapi kondisi sesulit apapun, termasuk menciptakan lingkungan yang nyaman,” sambung dia.

Lebih tegas kata Rahmat, Pemerintah Kota Palu dan BPIP RI memilih Kelurahan Talise Valangguni karena selain sebagai kelurahan terbaik nasional, juga kebetulan berada di tengah-tengah kota Palu, sehingga diharapkan dari Talise Valangguni dapat memberikan resonansi ke seluruh kelurahan lainnya yang ada di kota Palu.

“Sehingga harapan Pemerintah Kota Palu, untuk mewujudkan seluruh kelurahan yang ada  menjadi Kelurahan Berdikari dapat terwujud, serta 2023 Kota Palu dapat meraih Adipura,” tutup Rahmat Mustafa.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.