Kecamatan Palu Timur Paling Banyak Jumlah Hotel Yang Tersedia

oleh -
Kepala Dinas Pariwisata Kota Palu Dr. Farid R. Yotolembah. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Kecamatan Palu Timur merupakan salah satu kecamatan yang paling banyak jumlah hotel yang tersedia dari kecamatan lainnya yang ada di kota Palu.
Kepala Dinas Pariwisata Kota Palu Dr. Farid Rifai Yotolembah, pasca gempa 28 September 2018 lalu yang melanda kota Palu, pertumbuhan ekonomi masyarakat kota Palu saat ini mulai memperlihatkan peningkatan dengan ditunjang oleh kehadiran pelaku usaha jasa dari pemilik hotel.
Kota Palu sendiri dengan 8 kecamatan yang ada, jumlah terbanyak tersedia hotel ditempati oleh kecamatan Palu Timur sementara dengan jumlah hotel sedikit berada di kecamatan Ulujadi.
“Ada 26 hotel di kecamatan Palu Timur dari data usaha jasa penyedia akomodasi tahun 2020 yang kita punya, sementara kecamatan Ulujadi setelah gempa 28 September 2018 lalu hanya ada empat hotel saja yang tersedia,” ungkapnya kepada SultengNews.com saat ditemui di ruangannya, Selasa (23/11/2021).
“Sementara kecamatan Mantikulore sebanyak 5 hotel yang tersedia, kecamatan Palu Barat ada 6 hotel yang tersedia, dan kecamatan Palu Selatan ada 8 hotel yang tersedia,” tambahnya.
Katanya menambahkan, untuk kota Palu sendiri, hotel yang tersedia belum ada yang memiliki klasifikasi sebagai hotel dengan bintang lima.
Umumnya hotel di kota Palu baru menempati kelas bintang tiga dan hotel bintang empat dengan memiliki sejumlah fasilitas yang tidak kalah dengan hotel-hotel bintang tiga dan empat yang ada di luar kota Palu.
“Hotel bintang empat diantaranya hotel Best Western, hotel Santika Palu, Swissbel Hotel, dan Sutan Raja. Sementara hotel dengan bintang tiga yakni Rama Garden, Hotel Jazz, dan Golden Hotel,” sebutnya.
“Sisanya hotel yang tersebar di delapan kecamatan tersebut belum memiliki bintang atau non bintang,” kata Dr. Farid.
Selanjutnya, dalam rangka untuk meningkatkan sektor ekonomi bagi pelaku usaha di dunia jasa perhotelan, upaya-upaya Pemerintah Kota Palu kedepannya yakni dengan memperbanyak mengadakan sejumlah even-even yang berskala local, nasional maupun internasional.
Sehingga dengan demikian, tentunya bisa membantu pelaku usaha dari dunia perhotelan untuk meningkatkan ekonomi dengan adanya tamu yang menginap di hotel-hotel tersebut.
“Kita berharap tahun mendatang bisa mengadakan even-even yang berskala nasional, seperti kegiatan Paralayan, lomba-lomba, dan sebagainya. Kalau mengadakan skala even nasional tentu banyak orang dari luar yang datang dan pastinya mereka akan menginap di hotel, dengan begitu Insya Allah bisa menambah peningkatan ekonomi bagi daerah kita juga,” tegasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.