Kapolres Palu Cek Performance Anggota Secara Mendadak

oleh -

Kapolres Palu AKBP H.Moch Sholeh,SIK.SH.MH saat menggelar pemeriksaan secara mendadak kepada anggota baik Polres maupun Polsek. FOTO : HUMAS POLRES PALU

Palu, SultengNews.com – Disiplin sudah menjadi nafas tiap anggota Polri. Disiplin tidak terbatas pada tindakan maupun waktu saja, sikap tampang dan tertib administrasi pun menjadi salah satu bagian di dalamnya.




Kapolres Palu AKBP H.Moch Sholeh,SIK.SH.MH rutin menggelar pemeriksaan secara mendadak kepada anggota baik Polres maupun Polsek.

Bersamaan dengan digelarnya apel pagi di halaman Mapolres Palu hari ini, Kapolres melakukan pengecekan kelengkapan dan sikap tampang personel, Senin (11/11/19).

Kapolres Palu AKBP H.Moch Sholeh, SIK.SH.MH mengatakan, pengecekan ini bersifat mendadak dengan waktu yang acak untuk mengetahui sejauh mana tingkat kedisplinan anggota diterapkan dalam lingkungan kerja sehari-hari.

“Dengan pemeriksaan mendadak dapat di nilai bagaimana kesiapan anggota sebelum melaksanakan tugas. Tujuannya tentu terkait erat dengan peningkatan disiplin anggota,” jelas Kapolres.

“Polisi itu penegak hukum, menjadi contoh dan tauladan masyarakat. Maka kedalam harus bersih dulu. Dimulai dari hal kecil seperti perlengkapan personel dan sikap tampang,” imbuhnya.

Kapolres juga menegaskan, objek pemeriksaan meliputi kelengkapan personal seperti SIM, surat kendaraan, KTA, surat perintah tugas dan kelengkapan administrasi lainnya. Selain itu, dilakukan pula penertiban sikap tampang meliputi penggunaan Gampol (Seragam Polisi) dan kerapian.

“Dilingkungan Polri semua serba di atur. Baik cara berpakaian hingga soal rambut dan Cambang. Harus bersih dan rapi” ujar AKBP H.Moch Sholeh

“Jika ada yang melanggar pasti ada tindakan yang diambil. Yang paling ringan berupa teguran dan diberikan berita acara pemeriksaan singkat atau tilang. Itu akan menjadi catatan tersendiri bagi yang bersangkutan. Kalau pelanggaran berat ada mekanismenya sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2003 tentang peraturan disiplin Polri,” tegasnya.




Disinggung tentang hasil pengecekan tersebut, AKBP H.Moch Sholeh menambahkan, dari keseluruhan personel mayoritas dalam keadaan lengkap dan rapi.

“Semua lengkap, hanya ditemukan beberapa anggota yang rambut sudah mulai panjang dan terkesan tidak rapi. Sudah diberikan teguran dan harus merapikan hari ini juga dengan diawasi oleh anggota provos,” pungkanya. FUL/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *