Kapolda Sulteng : Ada 5 Tujuan Penanaman Mangrove di Teluk Palu

oleh -

Kepolda Sulteng, Irjen Pol. Drs. Syafril Nursal, S.H,M.H saat melakukan penanaman Mangrove di Teluk Palu, Jumat (21/2/2020). FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Pol. Drs. Syafril Nursal, S.H,M.H dalam sambutannya, menyebutkan ada 5 tujuan penanamana mangrove yang dilakukan di Teluk Palu, tepatnya di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Jum’at (21/02/2020).




Pertama, memadukan aktivitas konservasi dengan non konservasi secara simultan dan berkelanjutan untuk memelihara proses ekologis dan melindungi sistem penyangga kehidupan, adanya upaya pengawetan keanekaragaman jenis beserta ekosistemnya, pamanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati laut.

Kepolda Sulteng, Irjen Pol. Drs. Syafril Nursal, S.H,M.H foto bersama usai melakukan penanaman Mangrove di Teluk Palu, Jumat (21/2/2020). FOTO : IST

Kedua, meminimalisir dan menghindari kerusakan serta kepunahan keanekaragaman hayati alam Indonesia khususnya wilayah perairan atau laut, demi keberlangsungan kehidupan masyarakat Sulawesi Tengah di masa depan

Ketiga, meningkatkan kerjasama dengan pemerintah dan elemen masyarakat sebagai implementasi kedekatan serta sinergi polisional dalam mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban, untuk memelihara dan menjaga keberlangsungan sumber daya laut, baik hayati, non hayati, dan juga lingkungan.

Keempat, sebagai tindakan preventif dan preemtif dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya perairan laut terhadap aktivitas yang mengancam kerusakan lingkungan dan sumber daya laut di pesisir dan pantai.




Kelima, mengedukasi masyarakat khususnya para pelajar sebagai generasi penerus bangsa untuk memelihara dan semakin mencintai kelestarian alam dan lingkungan bahari.

“Untuk itu marilah kita bersama-sama melakukan penanaman pohon mangrove di Teluk Palu, dengan harapan dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak agar kita dapat wariskan pada anak cucu kita kelak,” ujar Kapolda Sulteng.

Pada kesempatan itu, dilibatkan seluruh steakholder dan jajaran kepolisian se Sulawesi Tengah yakni para pejabat utama Polda Sulteng, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Sulteng, Perwira maupun Bintara Polda Sulteng, serta para Pelajar dan Siswa se Kota Palu.




Kepolda Sulteng, Irjen Pol, Drs. Syafril Nursal, S.H,M.H.,turut berterimakasih kepada Ditpolairud beserta seluruh pihak yang telah melakukan upaya-upaya dalam rangka pemulihan ekosistem pantai di Teluk Palu dan juga memprakarsai suksesnya kegiatan.

“Matahari terbit di pagi hari sinarnya terang bawa kehangatan banyak mangrove, banyak rezeki, tanam mangrove, tanam kehidupan,”tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *