Kadis Perindagkop Palu : Pedagang Akan Direlokasikan Ke Pasar Petobo

oleh -
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu, Ajenkris. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pedagang yang lapaknya ditertibkan di Jalan Ramba, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah akan direlokasi ke Pasar Petobo yang lebih layak.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palu, Ajenkris mengungkapkan tugas pemerintah tidak hanya melakukan penertiban, melainkan juga menyiapkan lokasi yang layak untuk ditempati berjualan di Pasar Petobo.

“Termasuk penandantanganan oleh yang bersangkutan. Ini Jumat lalu mereka minta waktu tiga hari untuk bongkar sendiri, kita beri waktu jadi hari ini kita yang lakukan adalah membantu mereka membongkar karena kita ini bertindak persuasif,” ungkap Ajenkris, Selasa (24/08/2021).

Penertiban itu kata dia, merujuk dengan program kerja Pemerintah Kota Palu yang ingin menjadi Kota Adipura. Dengan salah satu penilaiannya yakni tidak adannya pasar ilegal.

“Yang besar penilainya Adipura itu yang pertama rumah sakit, kemudian pasar, jalan dan tidak danya pasar liar,”jelasnya.

Di Kota Palu sendiri menurut Ajenkris, masih banyak ditemukan pasar ilegal. Untuk itu, kedepanya Pemerintah Kota akan melakukan pendekatan kepada pedagang tersebut.

“Kalau ini tidak kita lakukan, kapan daerah kita seperti daerah lain yang bisa mendapatkan Adipura. Yang besar nilainya itu dalam rangka Adipura itu Rumah Sakit kemudian pasar, Jalan dan tidak adanya pasar liar,”ujarnya.

Lanjutnya, penertiban itu membutuhkan persiapan kurang lebih 4 bulan untuk melakukan pendekatan secara persuasif kepada pedagang.

“Kita butuh waktu 4 bulan dan 4 bulan itu sudah termaksuk dengan sosialisasi, menyurat dan lain-lainya,” pungkasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.