Kades Palasa Tangki Akan Surati PT TMJ Terkait Percepatan Pengaspalan

oleh -
Kades Palasa Tangki, Haris, S.Pd, M.A.P. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Permasalahan pengaspalan jalan di Desa Palasa Tangki yang pernah menimbulkan ketegangan antara masyarakat dan PT Tunggal Manunggal Jaya (TMJ) kini menemui titik terang.

Sejak awal desakan dari masyarakat Desa Palasa Tangki, Pemerintah Desa Palasa Tangki telah membuat kesepakatan bersama PT TMJ dalam upaya perbaikan irigasi, penyiapan jalan alternatif, dan pengaspalan.

“Terkait jalan memang ada 3 tanggungjawab PT TMJ  yang mereka sepakati bersama Pemerintah Desa Palasa Tangki, pertama menyelesaikan persoalannl irigasi, kedua menyiapkan jalan alternatif, ketiga mengaspal jalan yang rusak setelah beroperasinya PT TMJ,”ujar Kades Palasa Tangki, Haris S.Pd, M.A.P saat ditemui selepas rapat koordinasi di Polsek Tomini, Kamis (05/08/2021).

“Irigasi alhamdulilah sudah selesai, tinggal kita benahi pelan-pelan sedikit, kemudian jalan alternatif alhamdulilah semua proses kami sudah lakukan dan pembebasan lahan kita sudah selesaikan serta perintisan dari PT TMJ sudah dilakukan,”lanjutnya.

Saat ini, kata Haris, penyiapan jalan alternatif masuk dalam tahapan penimbunan oleh PT TMJ. Dari hasil kesepakatan, jika jalan alternatif sudah bisa dilalui armada PT TMJ secara normal, maka pengaspalan di dusun 3 dan dusun 4 Desa Palasa Tangki segera dilakukan.

Selain itu, Haris menyebut, pembayaran terhadap ganti rugi pembebasan lahan dan tanaman masyarakat telah diselesaikan PT TMJ sesuai dengan waktu yang disepakati.

“Kalau kita lihat kemarin sesuai komitmen dengan PT TMJ, kita bilang data yang kita kirimkan ke PT TMJ sebanyak Rp 45.735.000, saya sampaikan ke PT TMJ siapkan dana yang ada, selesaikan itu Insya Allah persoalan berikutnya akan selesai. Jika ada kurang dan lebihnya sudah menjadi tanggungjawab desa,”ucapnya.

“Jadi setelah kita melakukan perintisan memang masih ada yang kurang  ganti rugi tanaman sehingga membengkak kurang lebih Rp 1 atau 2 juta. Jadi dari 45.735.000 menjadi 48 juta dan itu sudah menjadi tanggungjawab desa,”tambah Haris.

Namun, Haris belum bisa menentukan waktu untuk pelaksanaan pengaspalan di Desa Palasa Tangki, yang jelas, menurut dia, jika jalan alternatif sudah bisa dilalui secara normal oleh armada PT TMJ, maka sudah bisa dilakukan pengaspalan.

“Kalau harapan kita dan PT TMJ minta waktu tidak terlalu lama, mereka sampai tidak sampai tiga Minggu sebenarnya diusahakan diselesaikan jalan alternatif dan sudah di aspal. Itu komitmen dengan PT TMJ,”tuturnya.

Haris juga mengaku, dalam waktu dekat dirinya akan menyurati PT TMJ untuk mempercepat pengaspalan sebagimana kesepakatan bersama dalam rapat yang dihadiri masyarakat, Pemerintah Desa Palasa Tangki, dan PT TMJ.

“Satu dua hari ini saya akan menyurat ke PT TMJ terkait dengan, karena jalan alternatif sudah siap, memang belum normal karena  belum rata tapi saya tetap menyurat menyampaikan kembali sebagimana dalam keputusan rapat agar dipercepat sehingga pengaspalan segera dilakukan,”pungkasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.