Jusuf Kalla Hadiri Peresmian Rehabilitasi Gedung Peralatan Lab dan Mobile UDD

oleh -
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), M.Jusuf Kalla. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) M. Juyuf Kalla menghadiri peresmian rehabilitasi gedung peralatan lab dan mobile Unit Donor Darah (UDD).

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla menyampaikan, PMI adalah organisasi sosial terbesar di dunia, karena tidak ada kota atau negara yang tidak memiliki PMI dan cara kerja PMI saling membantu jika terdapat masalah di suatu negara, karena PMI pasti datang membantu.

“Jadi kalau ada masalah di Negara Asia, PMI pasti datang, seperti di Thailand dan Kamboja, jadi kita bukan hanya dibantu tapi kita juga membantu,”ujar Jusuf Kalla, di halaman Markas PMI Palu, Senin (14/12/2020).

Menurut Jusuf Kalla, mengenai donor darah ini sangat penting sekali karena dalam kondisi apapun sangat dibutuhkan.

“Tuhan memberikan kita semua darah yang luar biasa tidak ada satupun ilmuwan yang dapat menemukan darah imitasi atau darah buatan,”terangnya.

Dengan darah, kata Mantan Presiden Republik Indonesia itu, manusia dapat menganalisa penyakit tubuhnya, sehingga bagi Jusuf Kalla begitu hebatnya darah, maka oleh itu, di setiap daerah PMI membangun UDD, karena penting bagi operasional suatu daerah.

Jusuf Kalla menerangkan, apalagi di Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu dan daerah sekitarnya yang baru saja mengalami bencana tsunami, maka perlu banyak pembangunan yang harus di rehab.

Bahkan, sebut Jusuf Kalla, bukan hanya UDD saja yang dibangun oleh PMI. Akan tetapi juga bangunan rumah serta sekolah yang sementara dibangun yang masih menunggu penyelesaiannya.

Bagi Jusuf Kalla UDD ini tentu dibutuhkan masyarakat termasuk saat pandemi, salah satu pengobatan yang paling ampuh menurut beberapa pengalaman yakni plasma convalesecent yang dapat digunakan untuk pengobatan covid-19. Karena itulah kedatangannya untuk memberi pengetahuan terkait hal tersebut kepada semua dan secara bersama bisa mengatasi masalah-masalah di daerah.

Jusuf Kalla mengatakan, masyarakat juga mengetahui memang di daerah Sulawesi Tengah ini banyak sekali bencana alam yang terjadi dan sering terjadi karena itu, menurut Jusuf Kalla perlu bahu-membahu untuk bekerja secara maksimal agar bisa menghasilkan pembangunan yang lebih baik.

“Bukan hanya bencana alam tetapi juga bencana kemanusiaan seperti sekarang ini yang telah terjadi dan tentu juga sangat membutuhkan suatu upaya, sehingga kita berterima kasih kepada Kapolda Sulteng yang telah bekerja keras dan dibutuhkan juga peranan masyarakat,”sebutnya.

“Dengan peran masyarakat dan PMI selalu berada di suatu sikap yang independen menangani masalah seperti itu, karena itulah dalam kesempatan yang berbahagia ini saya mengucapkan terima kasih kepada IFRC (Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah) yang telah bekerjasama dan juga seluruh relawan PMI yang ada di Sulteng karena yang bekerja adalah pengurus dan relawan tanpa pamrih di lapangan,”pungkasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *