Jatam Desak Pemerintah Keluarkan Himbauan Hentikan Penerimaan TKA di Kawasan Industri Morowali

oleh -
Kordinator Pelaksana Jatam Sulteng, Moh.Taufik, SH

PALU, SULTENGNEWS.COM – Jaringan Tambang (Jatam) Sulawesi Tengah (Sulteng) mendesak pemerintah mengeluarkan himbauan penghentian penerimaan Tenaga Kerja Asing (TKA) di kawasan iIndustri tambang Morowali dan Morowali Utara, karena dapat menularkan virus corona atau covid-19.

Pemerintah pusat maupun pemerintah Daerah Sulawesi Tengah, diminta untuk melakukan langkah antisipasi penyebaran covid 19 dengan cara mengeluarkan surat himbauan diseluruh kawasan –kawasan industri tambang untuk menghentikan penerimaaan TKA.

“Khususnya penghentian TKA di wilayah Kabupaten Morowali dan Kabupaten Morowali Utara, yang kita ketahui bersama menjadi pusat TKA untuk bekerja di sektor-sektor pertambangan,” kata Kordinator Pelaksana Jatam Sulteng, Moh.Taufik, SH kepada sultengnews.com, Kamis (19/03/2020).

Kebijakan ini kata Taufik perlu diambil, untuk melakukan pengantisipasian penyebaran Covid 19, di wilayah-wilayah industri tambang, apalagi di salah satu kawasan industri tambang di Kabupaten Morowali, sebagaimana ketahui bersama sudah memiliki bandara sendiri, yang diduga juga, digunakan sebagai tempat untuk mengangkut TKA.

“Kedatangan para TKA yang tidak kita ketahui asal muasalanya dari mana. Sehingga kenapa penting untuk mengeluarkan himbuan penghentian penerimaan TKA tersebut,”ujarnya.

Dia menegaskan, pengantisipasian ini perlu diambil untuk mewaspadai penyebaran covid-19 di wilayah-wilayah kawasan industri tambang yang ada di Sulteng, sehingga penting ketegasan pemerintah untuk melakukan langkah –langkah pengantisipasiaanya dengan cara mengeluarkan surat himbuan penghentian penerimaan TKA.

“Untuk semua kawasan industri tambang yang ada di Kabupaten Morowali dan Morowali Utara, harus menghentikan penerimaan TKA,” tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *