Jalur Seleksi Mandiri di Fakultas Teknik akan Menarik Dana Hibah Sukarela

oleh -
Diskusi dalam Rapat Senat Fakulta Universitas Tadulako yang dipimpin ketua Senat Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Dr.Ir.Syamsul Arifi, M.Sc pada Senin (28/03/2022). FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Minat masuk di Fakultas Teknik Universitas Tadulako dari tahun ke tahun semakin meningkat. Fakultas Universitas Tadulako yang terdiri 13 Program Studi (Prodi) kemungkinan dalam penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022 khusus yang masuk tahap seleksi Mandiri Masuk PTN (SMMPTN) akan menarik hibah sukarela bagi orang tua calon mahasiswa.

Demikian diskusi dalam Rapat Senat Fakulta Universitas Tadulako yang dipimpin ketua Senat Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Dr.Ir.Syamsul Arifi, M.Sc pada Senin (28/03/2022).

Senat Akademik Fakultas Teknik Untad dalam kegiatan tersebut mengahadirkan Narasumber Dekan Fakultas Kedokteran Dr.dr. Muh Ardi Munir, M.Kes., Sp.OT, FICS, MH.

Dalam paparannya, Dr. Ardi menjelaskan pengelolaan dana hibah  berdasarkan Undang – Undang (UU) Nomor 12  Tahun 2012, Pasal 84 ayat 1 dan 2, Permendikbud Nomor 25 tahun 2020 Pasal 10 ayat 1 yang menyatakan bahwa masyarakat dapat berperan dalam pendanaan dan pendanaan yang bersumber dari masyarakat dapat berupa; hibah, wakaf dan sumbangan individu.

Selanjutnya, Ardi menjelaskan bahwa di Fakultas Kedokteran penarikan dana hibah masuk seleksi mandiri dengan mempertimbangkan kebutuhan operasional Tridharma Perguruan Tinggi di Fakultas Kedokteran yang sangat besar.

Kebutuhan fasilitas sarana prarana yang sangat banyak dan mahal khususnya laboratorium, skill laboratorium dan kebutuhan Rumah Sakit Jejaring. Tuntutan Pendidikan Kedokteran yang sangat dinamis dan membutuhkan pembiayaan menjadi salah satu pertimbangan juga untuk penarikan dana hibah dari masyarakat.

Sementara Dekan Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Dr Eng.Ir.Andi Rusdin, ST,MT, MSc, dalam arahanya mengatakan, Fakultas Teknik Universitas Tadulako meminta untuk prodi – prodi yang siap menarik hibah sukarela bagi orang tua calon mahasiswa harus segera membuat Rencana Anggatran Biaya (RAB) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) sesuai aturan Menteri keuangan dan Alokasi Anggaran diprioritaskan untuk Kebutuhan fasilitas sarana prarana, alat laboratorium dan kegiatan kemahasiswaan.

Dalam rapat senat akademik, Andi menambahkan pimpinan Universitas memberikan ruang bagi fakultas teknik untuk menarik dana hibah sukarela bagi orang tua calon mahasiswa. Andi juga menegaskan akan koordinasi dengan pimpinan fakultas untuk membuat Surat Keputusan Rektor tentang penarikan dana hibah sukarela bagi orang tua calon mahasiswa khusus yang masuk tahap seleksi Mandiri Masuk PTN (SMMPTN) yang akan di mulai Tahun 2022.

Dalam diskusi rapat anggota senat akademik Fakultas Universitas Tadulako berkembang akan dilakukan secara bertahap untuk beberapa prodi yang minatnya cukup besar dan kisaran dana hibah akan ditetapkan antara 25 juta sampai dengan 50 juta.

Wakil Dekan Bidang Umum keuangan Fakultas Teknik Universitas Tadulako Dr.Ir.Tutang Muhtar Kamaludin,ST,MSi berharap penarikan dana hibah diprioritas untuk kegiatan di prodi yang melakukan penarikan dana supaya dirasakan oleh manfaatnya oleh mahasiswa  prodi tersebut terutama kelngkapan sarana parasana termasuk Alat laborortium sebagai penunjang akareditasi, dan penggunanaan anggararanya dilakukan secara akuntabel. (TMK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.