Jadwal Pemberangkatan Kapal Lambelu Delay Lagi Rute Pantoloan-Tarakan

oleh -
Kapal Lambelu sandar di pelabuhan Pantoloan kota Palu, pukul 08.00 Wita pagi, hari Jumat (20/5/2022). FOTO : Mohammad Rizal

Penumpang Sejak Subuh Hari Sudah Menunggu Sesuai Informasi dari Petugas

PALU, SULTENGNEWS.COM – Jadwal pemberangkatan kapal Lambelu dari Pantoloan, kota Palu ke tujuan Tarakan-Nunukan-Balikpapan, kembali mengalami keterlambatan dari jadwal yang sudah di umumkan sebelumnya oleh petugas PT. Pelni Palu kepada penumpang.

Baik penumpang maupun pihak keluarga yang mengantar ke pelabuhan Pantoloan, Palu, sejak subuh hari pukul 03.00 Wita hari Jumat (20/5/2022), sudah berada di pelabuhan sesuai dengan informasi yang diberikan oleh petugas kepada penumpang dari pesan handphone seluler.

Salah satu fasilitas toilet umum yang ada di pelabuhan Pantoloan.
FOTO : IST

Informasi yang diterima penumpang dari petugas bahwa seyogyanya kapal akan bersandar di pelabuhan Pantoloan, kota Palu akan menepi sekitar pukul 03.00 Wita dini hari, hari Jumat (20/5/2022).

Sementara pemberangkatan kapal Lambelu tujuan Tarakan-Nunukan-Balikpapan, sesuai dengan pesan informasi di handphone yakni pukul 06.00 Wita pagi hari.

Hanya saja, tepat pada pukul 08.00 Wita pagi hari pada hari Jumat, hari ini, kapal Lambelu terlihat sudah mulai mendekati dan menepi di pelabuhan Pantoloan, Kota Palu.

Salah seorang penumpang asal kota Palu tujuan ke Tarakan, Rizki, menyayangkan terjadinya keterlambatan pemberangkatan kapal yang tidak sesuai dengan jadwal sebelumnya.

Bahkan, disayangkan pula, pihak petugas pelabuhan Pantoloan pun, tidak ada memberikan informasi lanjutan jika kapal penumpang tersebut ada mengalami keterlambatan dari jadwal yang semestinya.

“Awalnya disampaikan berangkat pukul 03.00 dini hari, kemudian disampaikan lagi pukul 6 pagi. Sejak pukul 03.00 dini hari sudah ada di pelabuhan. Kenyataannya, kapal bersandar pukul 08.00 pagi dan mulai berangkat pukul 09.00 wita lewat,” kata Rizki kepada SultengNews.com dilokasi pelabuhan Pantoloan, Jumat (20/5/2022)..

“Harusnya sih ada informasi lagi dari petugas ke penumpang, biar tidak membuat gelisah penumpang,” sambung dia.

Kemudian, sepatutnya, PT. Pelni Palu mulai melakukan perbaikan-perbaikan atau evaluasi terkait dengan layanan jadwal pemberangkatan yang disampaikan kepada seluruh penumpang PT. Pelni Palu.

Agar permasalahan yang selalu menimpa penumpang saat menunggu kedatangan kapal di pelabuhan Pantoloan, kota Palu, tidak terulang kembali.

“Ini sudah yang kedua kalinya saya mengalami hal demikian, harusnya ada terobosan terbaik dari pihak PT. Pelni Palu untuk mengurangi resiko delay jadwal pemberangkatan,” sebutnya.

Selain itu, Rislan, salah seorang keluarga dari penumpang pun mengeluhkan sejumlah fasilitas yang ada di pelabuhan Pantoloan, kota Palu.

Diantaranya soal kebersihan area lokasi pelabuhan, seperti fasilitas toilet yang kotor dan tidak terawat, air yang digunakan untuk buang hajat di toilet umum, yang di sediakan sungguh-sungguh sangat memprihatinkan (tidak mengalir).

“Bagaimana kita nyaman di pelabuhan, lantai atas tempat ruang tunggu pengunjung seperti tidak berada dalam ruang tunggu, karena kondisinya tidak ada tempat duduk yang nyaman yang diberikan kepada pengunjung. Belum lagi, di toilet umum, air mati tidak mengalir. Kasihan orang dewasa yang bawa anaknya untuk buang hajat, tidak ada airnya,” tegasnya.

Terpisah, saat wartawan SultengNews.com mendatangi kantor PT. Pelni Palu dan beralamat di jalan Kartini, hari Jumat (20/5/2022) pukul 10.30 Wita pagi, terlihat kantor tertutup rapat (terkunci).

Tidak ada petugas yang bertugas sebagaimana mestinya kantor bekerja di hari-hari kerja.

Begitu pula saat wartawan SultengNews.com ingin mengkonfirmasi langsung kepada Kepala PT. Pelni Cabang Palu Ismed Mulyadi, tidak berada di kantor.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.