Irianto Malinggong Sosialisasi Perda Tentang Pajak Daerah di Bangkep

oleh -
Irianto Malinggong Sosialisasi Perda Tentang Pajak Daerah di Bangkep

BANGGAI, SULTENGNEWS.COM – Anggota DPRD Sulteng, Irianto Malinggong melakukan sosialisai Peraturan Daerah Sulawesi Tengah Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Pajak Daerah di Kabupaten Banggai Kepulauan pada Rabu (21/4/2021).

Sosialisasi ini dihadiri langsung Anggota DPRD Kabupaten Banggai Sadat Anwar Biholia selaku Ketua Bappem Perda, Plt Kepala Badan (Kaban) Pendapatan Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Drs. H.Darwis Dg. Ahmad, M.AP, Kasubag BPKAD Bangkep Eneka Sumampouw, Camat Dias Lamasotang , serta Lurah Salakan Kasman.

Hadir juga sebagian kelompok Organisasi Pemuda yang ada Kabupaten Banggai Kepulauan seperti Ketua HIPMI Kabupaten Bangai Kepulauan Fahmi Hambali dan Tokoh Masyarakat  Setempat.

Irianto menyampaikan dengan adanya Peraturan Daerah Sulawesi Tengah Nomor 1 tahun 2020 Tentang Pajak Daerah, menjadi dasar hukum pajak Daerah sebagai turunan dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Oleh karena itu, diperlukan suatu kewajiban dalam pungutan pajak oleh rakyat, dimana pemungutannya didasarkan pada Undang-undang yang berlaku dan retribusi juga diwajibkan pembayaran jasa atau pemberian izin tertentu dan diserahkan langsung oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan pribadi maupun badan.

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2020 tentang pajak daerah, maka kontribusi wajib pajak kepada daerah yang terutang yaitu masyarakat maupun badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung,  dipergunakan untuk keperluan daerah dan untuk kemakmuran rakyat. FUL/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *