Inilah Visi Misi Ketua Terpilih IPEMI Sulteng Periode 2023-2028 Dr. Kartini Malarangan

oleh -
oleh
Ketua Terpilih IPEMI Sulteng periode 2023-2028 Dr. H. Kartini Malarangan, SH, MH. FOTO : Mohammad Rizal/SultengNews.com

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pelaksanaan Musyawarah Wilayah I Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), mengamanahi Dr. H. Kartini Malarangan, SH, MH, sebagai Ketua terpilih IPEMI Sulteng periode 2023-2028. Yang dilakanakan di Sriti Convention Hall, Kota Palu, Kamis (23/2/2023).

Akademisi Universitas Tadulako (Untad) Palu pun ini telah memiliki sejumlah VISI-MISI dalam upaya memajukan organisasi IPEMI Sulteng selama 5 tahun kedepannya.

Seperti apa visi misi, program jangka pendek serta program jangka panjang dari Ketua Terpilih Dr. Kartini Malarangan. Berikut SultengNews.com mengulasnya dari keterangan yang diperoleh langsung dari ketua terpilih.

Dr. Kartni Malarangan yang kini jabat sebagai Ketua Panitia Timsel Bawaslu Sulteng, menguraikan, Ikatan pengusaha muslimah Indonesia Adalah organisasi kemasyarakatan yang didirikan untuk meningkatkan peran serta dan kontribusi nyata pengusaha Muslimah Indonesia, dalam membangun Ekonomi masyarakat yang berkepribadian Indonesia dan berahlakul karimah.

“IPEMI harus menjadi wadah untuk bersinergi dan Jejaring untuk membangun kolaborasi daya saing usaha, dan kemandirian anggota,” urainya kepada SultengNews.com.

Kemudian, Dr. Kartini Malarangan menambahkan, visi misi dari IPEMI Sulteng ialah mewujudkan IPEMI sebagai organisasi pengusaha muslimah yang mandiri, maju dan berintegritas.

“Dengan penjabarannya yakni Membangun iklim organisasi yang modern dan akuntabel, Menjadikan IPEMI sebagai mitra UMKM untuk berkembang, Meningkatkan kemandirian ekonomi Anggota IPEMI, Mendorong digitalisasi UMKM, Membangun jejaring pasar untuk produk Anggota dan UMKM, serta Mewujudkan IPEMI sebagai organisasi Pengusaha muslimah yang mandiri, maju dan berintegritas,’ sebutnya.

Dijelaskannya, sementara program jangka pendek setelah terpilih yakni melanjutkan program-program yang dijabat oleh Ketua IPEMI Sulteng sebelumnya. Dimana ada sejumlah program yang belum terealisasikan termasuk dengan Pembukaan Dewan Pimpinan Daerah IPEMI.

Selain itu, kata Anggota Panitia Timsel Calon Anggota KPU Sulteng ini, program jangka pendek telah dirumuskan dengan 5 program unggulan.

“Diantaranya, Pertama: menetapkan tempat untuk menyusun program yang disebut dengan kantor atau sekretariat. Pusat kegiatan pengurus akan dilakukan di sekretariat yang representatif mudah dijangkau, tersedia perangkat dan pengelola administrasi. Untuk menjadi organisasi modern dan akuntabel maka pemanfaatan teknologi media menjadi trade kerja IPEMI Sulteng kedepan. Setiap informasi dapat diakses oleh semua anggota dan pengurus IPEMI. Kedua, Diklat orientasi pengurus untuk memahami tugas dan wewenang setiap pengurus. Selain untuk meningkatkan wawasan keorganisasaian, diklat orientasi pengurus dimaksudkan juga untuk membangun sikap intergitas dan dedikasi pengurus,” sebutnya.

“Ketiga, Membentuk IPEMI kabupaten kota di seluruh wilayah sulawesi tengah. Tugas IPEMI Wilayah Sulawesi Tengah adalah mengkonsolidasikan potensi pengusaha Muslimah di Kabuapaten dan Kota melalui pembentukan pengurus IPEMI Cabang. Keempat, membuat data base muslimah pelaku umkm. Hanya dengan memiliki akurasi data setiap organisasi dapat membuat program terukur dan dapat dipartanggungjawabkan. Kelima, Mendokumentasikan peluang usaha untuk anggota IPEMI Sulteng. Sebagai pengurus Wilayah, maka menjadi tanggungjawab IPEMI Sulteng untuk membuka peluang dan jejaring pemasaran produk anggota IPEMI Sulteng melalui kerja-kerja kolaborasi dan bermitra stretegis dengan pemerintah daerah,” kata dia.

Sementara untuk program jangka panjang dari IPEMI Sulteng, sebut Ketua Panitia Timsel Anggota Bawaslu Sulteng ini ialah dengan Membangun iklim organisasi yang modern dan akuntabel. IPEMI Sulteng akan menerapkan manajemen organisasi yang modern terbuka dan bertanggungjawab. Untuk itu, IPEMI Sulteng akan melaksanakan program peningkatan kualitas personal setiap pengurus melalui workshop dan pelatihan-pelatihan tematik.

IPEMI Sulteng harus mampu menjadi mitra UMKM untuk berkembang dalam bentuk-bentuk kolaborasi usaha dan mendorong UMKM untuk tumbuh dan berkembang melalui program pelatihan manajemen usaha dan jaminan mutu produk.

Kemudian, Membangun kemandiarian ekonomi anggota akan diupayakan melalui program kolaborasi dan mendorong anggota IPEMI untuk membuka peluang usaha melalui program pelatihan dan muhibah usaha Anggota IPEMI Sulteng. Untuk program tersebut, IPEMI Sulteng akan menjadikan pemerintah daerah sebagai mitra kerja yang strategis.

Seiring dengan perkembangan dunia usaha, maka era digitalisasi tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu untuk membangun daya saing UMKM, IPEMI akan melaksanakan program smart business untuk pelaku umkm melalui pendidikan digitalisasi.

Sementara yang terakhir yakni Setiap produk bisnis hanya bisa bertahan dan berkembang jika tersedia di pasar. Oleh karena itu, tugas IPEMI adalah membangun jejaring usaha sebagai jembatan untuk memasarkan produk usaha ekonomi Anggota IPEMI melalui program promosi dan lobby. Program beli produk teman dan promosi produk teman.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.