Inilah Kabar Sesungguhnya Pasien Ketiga Positif Corona

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, dr. Reny A. Lamadjido. FOTO : MAHFUL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Warga Sulteng khususnya Kota Palu, digegerkan dengan munculnya data rilis dari BNPB Pusat yang menyebutkan adanya peningkatan pasien positif virus corona di Sulteng.

Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, dr. Reny A. Lamadjido yang dikonfirmasi sultengnews.com malam ini mengatakan, pasien yang dirilis BNPB Pusat itu tinggal di Makasaar sudah lama, cuma KTP-nya masih KTP Palu.

“Pasiennya dirawat di RS Labuang Baji Makassar, tapi KTP Palu. Sudah lama di Makassar,” ujar dr. Reny kepada sultengnews.com saat dikonfirmasi via WhatsApp, Senin (30/3/2020).

Sementara Pusdatina Corona Virus Disease (Covid)-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), kembali merilis data terbaru kasus Covid-19, Senin (30/3/2020) Pukul 116.00 Wita.

Berdasarkan data resmi tersebut, satu orang pasien dalam Pengawasan (PDP) diduga terjangkit virus Corona, meninggal dunia di Rumah Sakit Anutapura Palu, pada Senin (30/3/2020) dini hari.

Sementara, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Provinsi Sulteng bertambah menjadi 43 orang, sehingga total ODP Covid-19 di Sulteng menjadi 102 orang. Namun, dari 102 orang tersebut, 9 orang sudah selesai dalam pemantauan.

Tambahan 43 ODP tersebut masing-masing dari Wilayah Kabupaten Banggai 2 orang, Banggai Kepulauan (Bangkep) 1 orang, Donggala 1 orang, Morowali 4 orang, Parigi Moutong 33 orang dan Tojo Unauna 1 orang.

“99 orang ODP Covid-19, sampai saat ini masih dalam pemantauan oleh petugas kesehatan di rumah masing-masing,” demikian dilaporkan Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng.

Pusdatina Covid-19 Provinsi Sulteng juga menyebutkan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) banyak 29 oran, 7 orang dinyatakan negatif Covid-19.

Laporan resmi itu juga merincikan masih ada 22 PDP dari 29 PDP masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dan masih dalam pengawasan rumah sakit.

Sedangkan positif Covid-19 di Sulteng tidak bertambah. Sampai Senin 30 Maret 2020, pukul 16.00 Wita, 2 orang di Kota Palu positif Covid-19, satu pasien dari Rumah Sakit Anutapura dan satu pasien Rumah Sakit Undata Palu.

Data ini akan terus mengalami perubahan seiring perkembangan Covid-19 di Sulteng, sehingga diharap terus mengikuti update informasi data resmi terbaru Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng.

Seperti diberitakan sebelumnya, satu warga Palu yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) diduga COVID-19 berjenis kelamin laki-laki meninggal dunia Senin (30/3/2020) dinihari.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palu, dr Huzaimah membenarkan informasi tersebut.
“Dia diisolasi di RSAP (Rumah Sakit Anutapura Palu),” katanya di Palu, Senin (30/3/2020) siang.

“Tidak benar dia meninggal karena positif COVID-19. Sampelnya baru dikirim ke pusat. Biasanya hasil tes swab nya baru kita tahu sekitar satu minggu,” ujarnya. FUL/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *