Inilah Hasil Survei Pilwakot Satu Bulan Sebelum Pemilihan

oleh -
Inilah Hasil Survei Sementara. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Satu bulan sebelum hari H Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Palu, salah satu lembaga survei yang melakukan survei di Kota Palu merilis hasil surveinya.

Dari hasil survei lembaga yang diperoleh media ini dari salah satu tim paslon yang meminta agar tidak ditulis nama lembaganya itu, menunjukan bahwa Pasangan Calon (Paslon) Icumbent Nomor Urut 03 Hidayat – Habsa Yanti Ponulele menempati urutan teratas dengan hasil survei 37,06 persen.

Diurutan kedua ditempati Paslon Nomor Urut 02 Hadianto – Reny Lamadjido dengan hasil survei 23,63 persen. Urutan ketiga ditempati Imelda Liliana – Arena Jr Parampasi dengan hasil survei 20,90 persen. Sementara posisi buncit atau terakhir ditempati pasangan Aristan – Wahyudin dengan hasil survei 9,70 persen. Yang belum menentukan pilihan 8,71 persen.

Menurutnya, periode survei dilakukan pada bulan Oktober 2020.

“Jika pemilihan dilakukan saat ini, pasangan incumbent bisa memenangkan pertarungan di Pilwakot Palu ini. Tapi ini kan masih ada satu bulan lagi, sehingga kita hanya bisa merilis hasil surveinya saja,” katanya.

Sumber mengatakan, margin off eror dari survei yang dilakukan lembaga itu ada dikisaran 3 persen.

Saat ditanya apakah naiknya elektabilitas Incumbent karena ada faktor Calon Wakil Walikotanya, sumber itu mengatakan iya. Faktor Habsah Yanti Ponulele sangat besar pengaruhnya terhadap Hidayat sebagai Calon Walikota.

“Ibu Habsah sangat berpengaruh besar terhadap elektabilitas pak Hidayat,” katanya.

Rencananya, lembaga survei itu akan kembali merilis hasil surveinya pada awal Desember 2020 atau sebelum hari H pemilihan yakni pada 9 Desember 2020.

“Insya Allah kita akan merilis hasil survei terakhir pada awal Desember 2020,” tadasnya. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *