Ini Keunggulan Aplikasi SIBIMO dari BPBD Kabupaten Parimo

oleh -
Sekretaris BPBD Kabupaten Parimo, Mohammad Rivai (tengah). FOTO : IST

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Dalam upaya penginputan data yang tepat dan akurat dari Badan Penanggulangan BenCana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) memberikan inovasi terbaru di era digitalisasi dalam bentuk aplikasi Sistem Infomasi Kebencanaan Parigi Moutong (SIBIMO).

“Keunggulan aplikasi ini yaitu dapat menampilkan informasi kebencanaan di Kabupaten Parigi Moutong secara cepat, tepat dan akurat,”ujar Sekretaris BPBD Kabupaten Parimo, Mohammad Rivai kepada sultengnews, Selasa (06/07/2021).

Pada proses kebencanaan, kata Rivai, aplikasi SIBIMO akan melakukan validasi terhadap data bencana yang dilaporkan oleh stakeholder kebencanaan seperti Tagana, Basarnas, PMI, TNI dan Polri sampai dengan laporan dari kecamatan dan desa.

Dengan begitu, menurut Rivai, melalui aplikasi SIBIMO, BPBD Kabupaten Parimo dapat menyajikan data yang akurat. Selain itu juga, aplikasi ini menyajikan informasi logistik diposko ketika terjadi bencana sehingga bantuan logistik dapat dilihat masyarakat.

“SIBIMO juga berfungsi pada tahap pra bencana yaitu dengan menyajikan informasi daerah-daerah rawan bencana, informasi prakiraan cuaca dan iklim dari BMKG,”ucapnya.

“Pasca bencana pun aplikasi ini berfungsi menginformasikan pekerjaan- pekerjaan yang ditangani oleh stakelholder seperti Dinas PUPR, Balai Sungai maupun BPBD sendiri sehingga masyarakat bisa mengetahui apa yang sudah ditangani pada bencana tersebut dan pihak stakeholder lain seperti desa tidak ragu-ragu mengintervensi pekerjaan yang belum dilaksanakan,”lanjut Rivai.

Bahkan, aplikasi SIBIMO dapat memberikan informasi dasar kebencanaan seperti lokasi kejadian, dokumentasi dan kerusakan secara detail.

“Selain itu aplikasi SIBIMO juga menyediakan informasi dasar bencana seperti data bencana seperti lokasi di peta, kronologi bencana, foto bencana, detail kerusakan maupun korban,”tandasnya.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Parimo telah melakukan launching aplikasi SIBIMO. Adapun yang hadir langsung meliputi stakeholder kebencanaan seperti TNI, Polri, Tagana,PMI, Basarnas, Pramuka, relawan bencana dari organisasi masyarakat, akademisi, Dikbud, Bapelitbangda Damkar dan OPD terkait lainnya daam ada pula diikuti secara zoom meeting oleh camat dan kades.DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *