Ini Hasil Pembicaraan Pansus Padagimo Bersama Walikota Palu

oleh -
Ketua Pansus Padagimo DPRD Sulteng, Budi Luhur Larengi (Kanan) saat bertemu Wali Kota Palu, Hidayat M.Si (Kiri) di cafe aweng hutan Kota Palu. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Panitia khusus (Pansus) Palu-Donggala-Sigi-Parigi Moutong (Padagimo) DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), bertemu Wali Kota Palu, Hidayat M.Si, untuk membicarakan penanganan pasca bencana 28 September 2018 di Kota Palu.

Fokus pembahasan adalah pembangunan Hunian Tetap (Huntap) kepada penyintas dan beberapa permalasahan lainnya.

Ketua Pansus Padagimo, Budi Luhur Larengi mengatakan, dari hasil pertemuan yang berlangsung bersama Wali Kota Palu akan ditindaklanjuti dalam rapat bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulteng dan BPN Kota Palu yang rencananya dilaksanakan Senin (27/07/2020) mendatang.

“Yang jelas, sekarang ini Pak Wali Kota Palu sudah memberikan keterbukaan yang luar biasa bagi Pansus, sehingga kami menganggap ada progres atau kemajuan dalam penanganan penyintas di Kota Palu,” papar Budi Luhur Larengi saat diskusi bersama Wali Kota Palu di Cafe Aweng Hutan Kota Palu, Sabtu (25/07/2020).

Dikatakan, Pansus Padagimo juga sudah mendapatkan data walaupun baru secara lisan dari Wali Kota Palu, akan tapi hal itu sudah bisa menjadi landasan pihaknya untuk menindaklanjuti baik ke tingkat provinsi maupun ke pusat.

Dia juga menyampaikan, Pansus Padagimo akan bersama Wali Kota Palu menyelesaikan permasalahan yang ada di Kota Palu seperti yang ada di Kelurahan Petobo, Talise, Tondo, Talise Valangguni dan Duyu.

“Wali Kota Palu selama ini, ternyata berjalan sendiri dalam menangani permasalahan bencana dan kami akan mencoba memediasi semua permasalahan yang terjadi,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Palu, Hidayat M.Si mengucapkan terimakasih kepada Pansus Padagimo yang sudah ingin menemani Pemerintah Kota Palu dalam menangani berbagai persoalan pasca bencana 28 September 2018.

Dia menerangkan, untuk warga yang berada di Kelurahan Petobo yang tidak ingin dipindahkan, hanya saja ada persoalan lahan yang tidak bisa dipertahankan.

“Tapi dengan dibantu Pansus Padagimo yang rencananya hari Senin akan mengadakan rapat baik Kanwil BPN Sulteng maupun Kepala Kantor BPN Kota Palu, bisa segera menyelesaikan permalasahan ini,” tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *