Informasi Pendaki Sudah Ditemukan Tidak Benar, Basarnas Masih Terus Lakukan Pencarian

oleh -
Proses pencarian pendaki hilang bernama Risky. FOTO : Humas Basarnas Palu

SIGI, SULTENGNEWS.COM – Jagat media sosial malam ini digemparkan dengan informasi bahwa Rizky, pendaki yang dikabarkan hilang di puncak gunung Nokilolali sudah ditemukan. Namun informasi itu, belum jelas kebenaranya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Tabe, Assalamualaikum, selamat malam..Makasih banyak atas doa dan dukungannya, ALLHAMDULILAH KEPONAKAN KAMI DITEMUKAN DALAM KEADAAN SELAMAT,,KELUARGA TIDAK BISA MEMBALA SEGALA DOA,,KELUARGA HANYA BISA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH,,SEMOGA UCAPAN DOA MENDAPAT BALASAN DARI ALLOH TUHAN YANG MAHAKUASA,,,sekali lagi keluarga hanya bisa mengucapkan terima kasih yang takterhingga,” tulis akun FB atas nama Emil Salim Toasa di grop Facebook FORUM DISKUSI TERBUKA SIGI malam ini, (24/8/2021) sambil mencantumkan foto Rizky.

Menanggapi informasi ini, Kepala Ops Basarnas Palu, Andi Sultan mengatakan, Tim SAR yang berada di lapangan kesulitan jaringan telekomunikasi, sehingga laporan akan masuk jika Tim SAR mendapatkan jaringan yang baik di lapangkan.

“Kami sebenarnya kendala jaringan dari teman-teman tim. Jadi saya sore baru ditelepon Dantim (Komandan Tim) Pak Juniko, karena kebetulan baru dapat sinyal,”ucap Andi Sultan saat dihubungi melalui via whatsApp, Selasa (24/08/2021) malam ini.

Andi Sultan mengatakan, dari informasi yang didapatkan Dantim di lapangan, Rizky memang sempat dilihat oleh salah seorang warga berada di pinggiran sungai di Desa Sopu.

“Kata Pak Juniko bahwa tadi ada orang tukang setrum ikan, dia melapor di Polsek katanya dia tadi ketemu (Risky) di sungai. Ini Infomasi yang didapatkan di sungai sekitar 2 jam, tapi estimasi waktunya belum bisa kita pastikan. Tapi saat ini, teman-teman tadi kami perintahkan untuk melakukan pencarian sesuai dengan SOP (Standar Operasi), apabila sampai disana memungkinkan untuk evakuasi langusng dievakuasi kalau memang ketemu, kalau memang tidak ketemu kita akan melakukan bivak di lokasi,”jelas Sultan.

Menurut Andi Sulten, tim satu dari Basarnas Palu bersama KPA dan Mapala saat ini tengah berada di puncak Gunung Nokilalaki. Sementara beberapa tim cadangan yang baru saja datang, akan diarahkan ke puncak Gunung Nokilalaki.

“Karena tim satu sementara ada di puncak tidak memungkinkan untuk turun, makanya tim cadangan dan anak-anak Mapala yang baru datang itu kita arahkan sama Dantim,”sebutnya.

Namun sesuai dengan SOP, Basarnas Palu tidak bisa melakukan pencarian di malam hari. Olehnya itu, untuk sementara pihak Basarnas Palu masih melakukan assesment dan menuju lokasi pencarian keberadaan dari Risky.

“Tapi sesuai dengan SOP, kita tidak melakukan pencarian malam, cuma ini ada laporan maka kita melakukan upaya untuk assessment atau menuju ke lokasi,”terangnya.

“Karena kami terkendala dari jaringan. Jaringan kita di sana tidak bagus untuk komunikasi dan pengarahan sehingga Dantim harus cari sinyal dulu baru menelpon ke saya,”pungkasnya.

Salah satu anggota Humas Basarnas Palu yang menghendle terkait Operasi Pencarian Pendaki Yang Hilang di Gunung Nokilalaki, Dwi Nurul Utami mengatakan, berdasarkan informasi dari Tim SAR di lokasi bahwa Risky sampai saat ini belum ditemukan.

“Info dari tim di lapangan, korban belum ditemukan pak,”ucapnya.

Saat ini, kata Utami, bahwa Tim SAR bersama KPA dan Mapala serta masyarakat masih berisitirahat di Desa Sopu dan akan melanjutkan pencarian besok pagi.

“Sekarang tim berada di Desa Sopu, besok pagi akan di lanjutkan pencarian korban,”tandasnya.

Hingga berita ini tayang malam ini, informasi terkait Rizky memang belum ditemukan.

Untuk diketahui, Rizky yang berusia 21 tahun dikabarkan hilang setelah Basarnas Palu mendapatkan laporan dari Komunitas Pencinta Alam (KPA) Ebony, Wawan pada Senin 23 Agustus 2021 sekira pukul 09.15 Wita.

Memasuki hari kedua hilangnya Rizky, Tim SAR bersama KPA dan Mapala serta dibantu oleh masyarakat masih melakukan pencarian di Gunung Nokilalaki tersebut. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.