Independensi HMI – MPO adalah Berpihak Kepada Nilai “Kebenaran”

oleh -

Keterangan Foto :

Ketua Umum PB HMI–MPO, Zuhad Aji Firmantoro SH, MH saat mengambil melantik pengurus HMI–MPO Cabang Palu periode 2018 – 2019 di Hotel Karsam, Rabu malam (21/2/2018). FOTO : DOK HMI–MPO

PALU, SULTENGNEWS.com – Ketua PB HMI-MPO, Zuhad Aji Firmantoro SH MH melantik pengurus HMI MPO Cabang Palu periode 2018-2019 di salah hotel Karsam, Rabu malam (21/2/2018).

Aji, sapaan akrabnya, memimpin pembacaan syahadat dan ikrar amanah dan bertanggungjawab dalam memimpin HMI MPO Cabang Palu.

Ketua Umum PB HMI – MPO, Zuhad Aji Firmantoro SH, MH saat menyampaikan sambutan dengan menekankan bahwa Independensi di HMI – MPO adalah keberpihakan kepada nilai kebenaran dan keadilan. FOTO : DOK HMI–MPO

Kegiatan pelantikan yang dirangkaikan dengan penutupan Intermediate Training se Sulawesi Bagian Utara dan Kalimantan serta Senior Course (SC) itu, dihadiri berbagai pimpinan organisasi di Kota Palu. Menjadi lebih istimewa sebab dihadiri juga oleh, Sudirman Zuhdi yang merupakan perintis HMI MPO di Sulteng.

Dalam orasi ilmiahnya, Ketua PB HMI MPO berbicara terkait peran HMI MPO dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia. Dalam orasinya juga, Zuhad Aji menyinggung terkait peran HMI dalam menyongsong Pemilu 2019.

“Mari kita songsong Pemilu 2019,” kata Aji.

Pendiri sekaligus mantan Ketua Umum HMI – MPO Cabang Palu, Sudirman Zuhdi saat menyampaikan awal mula masuknya HMI-MPO di Kota Palu. FOTO : DOK HMI-MPO

Jika sebelumnya, kata Aji, pemaknaan independensi HMI dimaknai sebagai netralitas dan menjadikan perpolitikan sebagai hal yang tabu bagi kader HMI MPO. Namun lanjutnya, kajian kekinian, independensi HMI merupakan keberpihakan kepada nilai.

“Independensi HMI bukan berarti kita netral atau stag. Tapi keberpihakan. Kepada siapa kita berpihak? Kita berpihak kepada yang memiliki value atau nilai,” sebutnya.

Ketua Umum PB HMI-MPO berpose bersama pengurus HMI-MPO Cabang Palu dan Pendiri HMI-MPO Cabang Palu, Sudirman Zuhdi dan Mantan Sekjen PB HMI-MPO Itho Murtadha. FOTO : DOK HMI-MPO

Keberpihakan HMI, kata dia, bukan pada partai, namun pada person setiap orang. Alumni HMI yang memiliki nilai harus didukung untuk maju pada Pemilu  2019.

“Saya meminjam istilah mas Anies Baswedan yang juga senior HMI MPO. Mas Anies bilang, jangan biarkan orang baik maju sendiri dan diterkam serigala. Mari kita dukung orang-orang baik ini untuk maju,” ucapnya.

Pelantikan itu juga ditandai dengan penyerahan berkas cabang dari Ketua HMI MPO Cabang Palu demisioner, Zaenal H D Ratajeli kepada Ketua terpilih, Jabir Moh Yamin dan disaksikan oleh Ketua PB HMI MPO, mantan Sekjen PB HMI MPO, Itho Murtadha, dan perintis HMI MPO di Sulteng, Sudirman Zuhdi. DLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *