IAIN Palu Laksanakan Wisuda Perdana di Sigi Secara Drive Thru

oleh -
Proses wisuda perdana secara Drive Thru di IAIN Palu. FOTO : Humas IAIN Palu

SIGI, SULTENGNEWS.COM – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, melaksanakan wisuda S1, S2 dan S3, perdana di kampus II di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi secara drive thru untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Menyadari betapa pentingnya wisuda bagi para wisudawan dan wisudawati serta keluarganya, maka kami berkomitmen untuk tetap menyelenggarakannya walau dengan cara yang tidak lazim, drive thru. Mengingat masih dalam situasi pandmei covid19,”ucap Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd, di di kampus II di Desa Pombewe, Rabu (31/03/2021).

<span;>IAIN Palu mewisuda 450 pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021, yang terdiri dari S1 425 wisudawan dan wisudawati, S2 23 orang dan S3 tiga orang secara drive thru dan online.

Wisuda, sebut prof Sagaf menjadi momen yang sangat berarti, khususnya bagi para lulusan strata satu (S1), karena untuk pertama kalinya dikukuhkan menyandang gelar akademik formal yang tertulis secara sah di belakang nama para lulusan S1.

Kata Rektor, model pelaksanaan wisuda secara drive thru dipilih oleh IAIN Palu, karena IAIN Palu harus mendukung sepenuhnya upaya pencegahan, pengendalian penyebaran covid-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Namun ini terasa istimewa, karena dilaksanakan untuk pertama kalinya di kampus II di Sigi, sekaligus dirangkaikan dengan pengukuhan guru besar,”sebut Prof Sagaf.

“Semoga hal ini dapat menginspirasi para sivitas akademik IAIN Palu untuk terus maju dan berkembang dalam menghadapi perkembangan dunia global yang kompoetitif,”tambahnya.

Covid-19, ujar Prof Sagaf menjadi satu tantangan besar yang sangat berpengaruh terhadap seluruh aktivitas akademik. Sebagian besar para wisudawan-wisudawati telah melewati perkuliahan, uji proposal, ujian komprehensif hingga ujian skripsi secara daring dan akhirnya di wisuda dengan model yang unik, drive thru, karena menyesuaikan protokol covid-19.

“Di balik semua tantangan dan hambatan tersebut ada pelajaran yang sangat berharga, bahwa semangat dan kegigihan¬† adalah modal utama dalam meraih kesuksesan,” ujar Prof Sagaf.

Rektor menambahkan wabah pandemi covid-19 memberikan nasehat yang sangat berharga, bahwa kita semua
termasuk para alumni harus terus berinovasi dalam berbagai bidang, agar ilmu pengetahuan  yang diperoleh tetap bisa survive kedepan.

“Pengetahuan itu bersifat dinamis dan tak ada kata berhenti. Kita harus selalu meng-upgrade pengetahuan yang kita miliki seiring dengan perkembangan global,”ungkapnya.*/DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *