IAIN Palu Kembangkan Keterampilan Usaha Rumahan Perempuan Penyintas

oleh -
Ibu - Ibu penyintas saat mengikuti kegiatan pengembangan keterampilan perempuan penyintas gempa dan likuefaksi. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) telah mengadakan kegiatan pengembangan keterampilan perempuan penyintas gempa dan likuefaksi dalam meningkatkan potensi industri rumahan dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Perempuan menjadi suatu komponen penting dalam kehidupan sosial dan ekonomi yang paling terdampak dari pasca gempa bumi 28 september 2018 dan Covid-19,”ujar Dr Rustina selaku Kepala Pusat Studi Gender IAIN Palu. Bertempat Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Sabtu (07/11/20).

Dr Rustina menjelaskan, bahwa dalam kegiatan ini IAIN memberikan kepedulian dalam rangka membantu pemerintah untuk meringankan beban perempuan.

Dalam pengembangan industri rumahan ini pun pudat gender IAIN menjalin kerjasama Dharma Wanita IAIN Palu untuk melatih perempuan membuat produk yang memiliki nilai ekonomi mulai dari membuat olahan keripik, melakukan budidaya tanaman, merangkai bunga, membuat taman, hingga membuat sabun cuci maupun sabun mandi.

“IAIN Palu sebagai salah satu perguruan tinggi yang menjalankan Tri dharma, berkewajiban untuk mengambil kepada masyarakat, maka hal ini menjadi dasar kita untuk untuk membantu perempuan di pombewe di sigit biromaru ini,”ucapnya.

Dr Abidin Djafar selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan IAIN Palu dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa IAIN Palu dalam program pengabdian terhadap masyarakat dalam membantu kelompok perempuan yang mengalami diberbagai persoalan.

“Pengabdian IAIN Palu terhadap masyarakat menjadi menjadi suatu niscaya bagi perguruan tinggi termasuk lembaganya,”pungkasnya.

Wakil Rektor IAIN Palu setelah menyampaikan sambutannya dan membuka secara langsung Kegiatan Pelatihan dan Pengembangan Perempuan Dalam Peningkatan Usaha Rumahan tersebut. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *