HUT RI ke- 76 Dimasa Pandemi, FGM Bagi Bahan Pokok Kepada Warga Layak Bantu

oleh -
Forum Generasi Muda (FGM) Penanda saat menyalurkan bahan pokok ke warga di Kelurahan Silae. FOTO : FGM Penanda

PALU, SULTENGNEWS.COM – Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) Ke- 76 Tahun, jajaran pengurus Forum Generasi Muda (FGM) penanda yang di Ketuai oleh Zulfikar, melaksanakan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan paket bahan pokok  kepada 20 Kepala Keluarga (KK) di wilayah RT 01, RW 02 Kelurahan Silae, Kota Palu, Selasa (17/08/2021).

Puluhan paket bahan pokok tersebut diserahkan secara dor to dor (langsung) ke rumah warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman), maupun yang terdampak kebijakan pembatasan aktivitas sosial skala mikro dalam upaya pencegahan penularan corona virus disease (COVID-19) yang kian melanda.

Dalam pantauan media, bantuan yang bersisi kebutuhan dapur ini disalurkan oleh pengurus FGM ke puluhan rumah warga layak bantu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal menarik dalam penyerahan sumbangan tersebut, dimana FGM melibatkan kanak-kanak untuk menyerahkan paket bantuan kepada penerima manfaat yang dikoordinir langsung ketua RT 01 selaku pembina FGM.

Ketua FGM Penanda, Zulfikar mengatakan implementasi program FGM dalam rangka HUT RI ke 76 kali ini dilaksanakan melalui kegiatan yang berbasis sosial, mengingat dimasa pandemi tak sedikit warga yang terdampak baik kesehatan maupun pendapatan keluarga yang berimbas pada sulitnya pemenuhan kebutuhan hidup yang notabene bagi warga berada digaris kemiskinan.

“Semoga apa yang telah kita berikan bisa bermanfaat bagi warga penerima. Bukan dilihat dari jenis dan jumlah sumbangan, tetapi nilai (keikhlasan) dari jajaran FGM. Ini bentuk program kita. Sebelumnya kita sudah melakukan kerja bakti, donasi untuk kemanusiaan korban bencana,”ungkap Ketua FGM Penanda, Zulfikar.

Menariknya, penyaluran paket bantuan ini merupakan hasil penggalangan dana secara sukarela yang dilakukan FGM Penanda di lingkup RT 01, RW 02 Kelurahan Silae.

Dana yang terkumpul awalnya akan dipergunakan untuk kepentingan lomba dalam rangka peringatan HUT RI dilingkup RT setempat, akan tetapi karena Pemerintah Kota Palu memperpanjang kebijakan PPKM maka dana yang telah terkumpul dialihkan untuk membeli keperluan sembako untuk dibagikan kepada warga RT 01, RW 02 yang menjalani isoman dan terdampak PPKM.

“Rencana awal kami di kepengurusan FGM akan melaksanakan lomba lingkup RT, akan tetapi karena ada pembatasan aktivitas sosial dimasa pandemi, maka kami mengalihkan seluruh pembiayaan kegiatan kepada penyediaan bahan pokok untuk warga RT 01/RW 02 di Kelurahan Silae yang menjalani Isoman dan terdampak langsung PPKM,”ujar Ketua FGM, Zulfikar yang didampingi Ketua RT01/RW 02 selaku Pembina FGM Penanda.

Dalam kesempatan yang sama, ketua RT 01, Ridwan Rusli, mengatakan bahwa pemberian paket bahan pokok juga disasar kepada warganya yang kini berdiam diri di rumah karena dalam masa pemulihan kesehatan akibat penyakit bawahan dan warga yang taraf kehidupannya tergolong berpenghasilan rendah.

Dia berharap, giat sosial peduli sesama ini terus menjadi motivasi Pemerintah Kota (Pemkot) khususnya Kelurahan Silae agar bisa meringankan beban keluarga yang ekonominya terhimpit dimasa pandemi. Ini pun berkat motifasi dan dedikasi dari generasi muda yang terus melibatkan diri dalam agenda-agenda sosial.

“Yang diberikan bantuan bukan hanya karena isolasi mandiri akibat covid, tetapi ini juga untuk kepala keluarga yang taraf kehidupannya  tergolong berpenghasilan rendah,”tutur Ridwan.

Ketua RT mengatakan, tak dipungkiri, giat peduli sesama ini dilakukan termotivasi dari Almarhum Drs. Madjid Yunus, MM yang semasa hidupnya membantu masyarakat di wilayah sekitar. Sehingga apa yang sudah dilakukan tetap harus dilanjutkan, apalagi giat tersebut sejalan dengan visi forum generasi muda penanda.

“Kami RT 01/rw 02 dan FGM penanda mengucapkan terima kasih banyak kepada keluarga Almarhum Drs. Madjid Yunus,MM dalam hal ini sudah banyak berbuat kepada masyarakat,”ucap ketua RT.DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.