Hoaks, Beredar Potongan Lembaran SE Satgas Covid-19 Pusat Dicabut

oleh -
Potongan lembaran SE Satgas Covid-19 pusat yang beredar. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Masyarakat kota Palu dan masyarakat Sulawesi Tengah dihebohkan dengan adanya potongan lembaran Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang ditandatangani oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pusat telah dicabut.

Dengan beredarnya informasi terkait dengan potongan lembaran SE tersebut, selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Palu dr. Rahmat Yasin, membantah adanya pencabutan Satgas Covid-19 dalam penanganan di masa pandemic covid-19, baik di pemerintah pusat maupun berlaku di sejumlah daerah-daerah termasuk di kota Palu sendiri.

Ketua Satgas Covid-19 Kota Palu dr. Rahmad Yasin, menyebut, informasi potongan lembaran yang beredar di tengah-tengah masyarakat kota Palu, khususnya beredar di sejumlah media sosial seperti di Watshapp grub dan sebagainya, adalah tidak benar adanya.

Kemudian, dia melanjutkan, mustinya sebagai masyarakat yang arif dan bijaksana, jika menerima potongan lembaran SE yang termuat didalamnya penegasan pencabutan tugas Satgas Covid-19, harus dilihat secara utuh muatan isinya, bukan sepotong-sepotong.

“Tidak benar itu dek, lembaran itu hanya potongan dari penegasan isi yang termuat di lembaran sebelumnya,” kata dr. Rahmat Yasin kepada SultengNews.com, belum lama ini.

“Itu hoaks dan tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” sambung dr. Rahmat Yasin.

Kemudian, dia tegaskan, pemerintah pusat, pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kota Palu, masih konsen dan serius dalam menanggulangi permasalahan penyebaran covid-19 di tengah-tengah masyarakat, khususnya penyebaran pandemic covid-19 di kota Palu.

Untuk itu, selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Palu, terus dan tetap mengajak kepada masyarakat kota Palu dan sekitarnya, untuk tetap mematuhi penerapan Protokol Kesehatan dimanapun aktivitas dilakukan.

Baik itu di dalam rumah, di luar rumah, di kantor, di pusat perbelanjaan, pasar, tempat ibadah, serta di tempat-tempat yang menimbulkan tingkat keramaian dan terjadinya penularan dan penyebaran pandemic covid-19 untuk tetap dan terus menjaga protokol kesehatan covid-19.

“Di dalam surat edaran itu sudah jelas disampaikan kepada kita semua, untuk tetap dengan yang pertama, menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu. Mengganti masker secara berkala setiap empat jam dan membuang masker ditempat yang telah disediakan. Mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer. Menjaga jarak, menjauhi kerumunan atau mengurangi mobilitas keluar rumah jika tidak dianggap sangat penting, serta hal-hal lainnya yang telah diatur di dalam SE tersebut untuk tetap dipatuhi,” tegas dr. Rahmat Yasin.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.