Hindari Kontak Langsung, Pelayanan Pajak Kini Melalui Online

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Adanya pembatasan interaksi sosial akibat covid 19 atau virus corona, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu (KPP Pratama Palu) menggunakan media online dalam pengurus pelayanan pajak.

“Adanya himbauan untuk membatasi interaksi akibat covid 19 atau virus corona, pelayanan KPP Pratama Palu tetap berjalan. Cuman medianya berubah dari bertatap muka langsung, menjadi pelayanan via online,” ujar Kepala Seksi Pelayanan
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu
(KPP Pratama Palu), Fadlun S. Adam saat ditemui di KPP Pratama Palu, Selasa (17/03/2020).

“Konseling dengan wajib pajak atau dalam proses pemeriksaan kita mengarahkan by phone,” katanya.

Fadlun menjelaskan, pengajuan permohonan permintaan NPWP, validasi, pengajuan permohonan surat keterangan bebas, sertifikat elektronik dan layanan lainnya itu melalui online seperti melalui email maupun pengiriman dokumen melalui pos.

Menurutnya, untuk beberapa pemohon yang memiliki situs, bisa mengakses melalui www.djponline.pajak.co.id serta ada beberapa aplikasi yang memang permohonannya by sistem.

“Untuk menu yang belum ada aplikasinya, kita fasilitasi dengan mengirimkan dokumen melalui pos atau bisa di scan dikirim via email atau via WA,” ujar dia.

Menurutnya, waktunya pelayanan melalui media online mengikuti arahan dari pimpinan pusat sejak 16 Maret sampai 5 April 2020.

“Jika situasinya sudah membaik, maka kita akan memberikan pelayanan seperti biasanya lagi,” ujarnya.

Untuk jam kerja kata Fadlu, masi seperti biasa pegawai masuk pukul 07.30 sampai Jam 17.00 WITA.

Fadlun melanjutkan, sampai hari ini aktivitas pegawai masih berjalan seperti biasa. Semua pegawai tetap masuk, tetapi yang berusia di atas 50 tahun memilih bekerja di rumah dengan pekerjaannya di bawa kerumah juga.

Dalam pencegahan penyebaran covid 19 atau virus corona, bagi pegawai KPP Pratama Palu yang masuk ke wilayah kantor diukur suhunya. Kemudian harus mencuci tangan sebelum masuk kantor agar selalu steril.

“Selanjutnya, kita menyediakan juga sarung tangan karet untuk seluruh pegawai. Kita adakan juga obat multivitamin untuk ketahanan tubuh dan menjaga kebersihan,” tutup Fadlun. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *