Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa, ini Penjelasan Dokter

oleh -

drg. Lutfiah saat mengisi salah satu kegiatan di Palu. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.com – Bagi setiap yang berpuasa, salah satu masalah yang timbul dan sangat mengganggu adalah bau mulut. Bagaimana cara menjaga agar mulut tidak bau saat sedang berpuasa?

Kepala Bidang pengendalian penyakit menular, tidak menular dan kesehatan lingkungan, (P2 Kesling) Dinas Kesehatan Kota Palu, drg Lutfiah M KM menuturkan penyebab mulut berbau saat berpuasa dikarenakan produksi saliva atau air ludah yang kurang sehingga mulut menjadi kering. Untuk masalah ini drg Lutfiah menyarankan agar orang yang berpuasa untuk minum air yang cukup saat berbuka, malam hari dan saat sahur.




“Agar mulut tetap bisa lembab saat berpuasa, minum air yang cukup saat berbuka, malam hari dan sahur,” ucapnya.

Selain itu, drg Lutfiah menyarankan untuk memperbanyak menkonsumsi makanan berserat saat berbuka, konsumsi sayur-sayuran, buah, atau biasa dikenal dengan menu gizi seimbang.

Masalah lain penyebab bau mulut kata dia ialah gigi berlubang, karang gigi, dan infeksi pada gusi. Masalah ini lanjutnya akan semakin membuat mulut jadi bau saat berpuasa karena kurangnya produksi saliva.

Kata dia, sebaiknya yang mengalami masalah seperti itu untuk memeriksakan kesehatan giginya kepada dokter. Agar gigi yang berlubang bisa ditambal atau dilakukan pencabutan jika ada indikasi pencabutan gigi. Karang gigi sambungnya juga sebaiknya dibersihkan agar tidak semakin parah karena karang gigi salah satu sumber bau mulut.

drg. Lutfiah menambahkan, penyebab lain bau mulut juga bisa disebabkan karena sakit mag atau gastritis, dan hepatitis.

“Jika ada indikasi penyakit seperti iitu disarankan untuk kontrol ke dokter atau dokter keluarga,” pungkasnya. DIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.