Hati-hati..! Kosmetik Ilegal Beredar di Sulawesi Tengah

oleh -
Inilah kosmetik ilegal yang berhasil disita Polda Sulteng. FOTO : MIFTAHUL AFDAL/SN

PALU, SULTENGNEWS.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng), berhasil megungkap dan menyita peredaran kosmetik yang tidak memiliki izin edar di beberapa toko di Kota Palu.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Syafril Nursal mengatakan, kosmetik tersebut masuk dari Sulawesi Selatan. Dari hasil laboratorium Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) ernyata kosmetik itu tidak terdaftar.

“Tentu komestik itu akan berbahaya bagi masyarakat. Penyidik akan menyelidiki dimana produk itu dibuat,”ujar kapolda saat konferensi pers dengan sejumlah wartawan di Polda Sulteng, Selasa (28/07/2020).

Dia mengungkapkan, Polda Sulteng akan bekerja sama dengan Polda Sulawesi Selatan mencari tempat pembuatan kosmetik tersebut.

Kapolda Sulteng juga menghimbau kepada masyarakat untuk hati-hati dalam membeli kosmetik.

“Karena penjualannya juga melalui media online, nah itu harus hati-hati jangan sampai tertipu sebab itu berbahaya bagi kulit,”ujarnya.

“Sebab produk kosmetik itu tidak memenuhi standar kesehatan,”sambungnya.

Terhadap pelaku penyidik menjerat dengan Pasal 197 Jo pasal 106 ayat (1) UU RI Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dengan ancaman penjara paling lama 15 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 1,5 Miliar.

Serta dikenai Pasal 62 ayat (1) jo pasal 8 ayat (1) huruf (a), huruf (g) dan huruf (i) UU RI Nomor 08 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman penjara paling lama 5 tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2 Miliar, tutup mantan Wadir Tipikor Bareskrim Polri ini. DAL

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *