Hasil Telaah Dinas PU Kota Palu, Jembatan Palu 3 Aman Dilintasi Kendaraan

oleh -
oleh
Kondisi expansion joint dan abutment jembatan Palu 3 tidak mengalami perubahan. FOTO : Mohammad Rizal/SultengNews.com

PALU, SULTENGNEWS.COM – Jembatan Palu 3 sempat menjadi perbincangan masyarakat kota Palu dalam beberapa waktu lalu pada pagi hari, Selasa (6/9/2022), yang dikaitkan dengan luapan air sungai masuk dan mengenai perumahan warga sekitar bantaran sungai tepat berada dilokasi jembatan Palu 3, akibat dari intensitas hujan yang tinggi melanda kota Palu beberapa hari ini.

Kepala Bidang Cipta Karya dan SDA Dinas PU Kota Palu Moh. Noor Larisa (kiri) dan Camat Palu Barat Kapau Bauwo (kanan), saat meninjau langsung lokasi jembatan Palu 3, pada pukul 20.00 malam, Selasa (6/9/2022).
FOTO : Mohammad Rizal/SultengNews.com

Informasi yang berkembang di masyarakat sekitar jembatan Palu 3 saat ditemui dilokasi oleh wartawan SultengNews.com pagi, menceritakan bahwa adanya petugas kepolisian melakukan penutupan jembatan Palu 3 untuk dilintasi karena antisipasi dari getaran atau terjadinya goyangan pada sturktur bentangan jembatan.

Selain informasi dari warga sekitar, Lurah Besusu Barat pun menyampaikan hal yang sama, selain karena untuk mengkondisikan adanya posko induk penanganan banjir juga karena adanya getaran jembatan jika dilintasi oleh kendaran.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu Singgih B. Prasetyo, saat ditemui langsung dilokasi jembatan Palu 3, pada hari Selasa (6/9/2022) malam, mengatakan bahwa dari hasil telaah yang diperoleh dilapangan, dengan melihat kondisi Expansion Joint atau Siar Muai (bahan yang dipasang di antara dua bidang lantai beton untuk kendaraan atau pada perkerasan kaku dan dapat juga pertemuan antara konstruksi jalan pendekat sebagai media lalu lintas yang akan melewati jembatan), tidak ada pergeseran diantara kedua penahan tersebut.

Begitu pula dengan melihat ketahanan pada struktur abutmen atau kepala jembatan (bangunan bawah jembatan yang terletak pada kedua ujung pilar-pilar jembatan yang berfungsi sebagai penahan tanah dan juga sebagai pemikul seluruh beban baik itu beban hidup (kendaraan, angin, dan lain-lain) maupun beban mati (beban gelagar, dan lain-lain) pada sebuah jembatan), tidak ada perubahan atau pergeseran dari kedua struktur bentangan dari abutmen tersebut.

“Artinya kondisi jembatan Palu 3 aman dan bisa untuk dilintasi oleh kendaraan roda dua maupun roda empat,” ungkapnya kepada SultengNews.com, Selasa (6/9/2022).

Olehnya, dengan melihat kondisi tersebut, bisa disimpulkan kalau kondisi jembatan Palu 3 masih aman dan tidak ada pergeseran yang berlebihan atau menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan sebagaimana yang informasi yang berkembang di masyarakat.

“Kalau saya sarankan yah sebaiknya jembatan Palu 3 sudah bisa untuk dilintasi kembali besok,” jelasnya.ZAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.