HASIL SURVEI SINERGI : Tren Elektabilitas Imelda Terus Naik Hingga Jadi Yang Tertinggi

oleh -
Elektabilitas Calon Walikota Palu. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Mendekati hari H pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palu pada 9 Desember 2020, sejumlah lembaga survei merilis hasil surveinya.

Salah satu lembaga survei yang juga melakukan survei atas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palu adalah Sinergi Data Indonesia (SDI).

Berdasarkan hasil survei SDI yang diperoleh redaksi sultengnews.com dari Ketua Koalisi Pemenangan Imelda Liliana Muhiddin – Arena Parampasi (Imelda – Arena), Iksan Kalbi, terlihat jelas tren elektabilitas Imelda sebagai Calon Walikota terus naik hingga menjadi yang tertinggi.

“Pada survei Februari 2020, elektabilitas Imelda hanya 5,91 persen atau berada diposisi buncit. Sementara yang tertinggi yakni Hadianto Rasyid yakni 20,00 persen. Kemudian Aristan 12,27 persen, dan yang ketiga Hidayat dengan elektabilitas 11,36 persen,” ujar Iksan Kalbi.

Tren naiknya turunnya Elektabilitas Calon Walikota Palu. FOTO : IST

Dikatakan, seiring dengan berjalannya waktu, SDI lalu melakukan survei lagi pada Juli 2020. Hasilnya, Elektabilitas Imelda naik drastis dari 5,91 persen naik menjadi 16,14 persen. Hadianto masih yang tertinggi namun turun menjadi 17,73 persen dari sebelumnya 20.00 persen.

Sementara Aristan dan Hidayat mengalami tren penurunan. Aristan turun dari 12,27 persen menjadi 9,77 persen. Sedangkan Hidayat turun dari 11,36 persen menjadi 8,64 persen.

Dua bulan kemudian yakni September 2020, SDI Kembali melakukan survei Calon Walikota. Hasilnya, Elektabilitas incumbent Hidayat langsung naik secara drastis dari 8,64 persen menjadi 24,40 persen atau yang tertinggi. Sementara Imelda menjadi yang kedua dengan elektabilitas 21,60 persen dari sebelumnya 16,14 persen.

Sementara Hadianto dan Aristan naik, namun sedikit sekali. Hadianto berada diangka 18,00 persen dari sebelumnya 17,73 persen dan Aristan naik juga menjadi 10 persen dari sebelumnya 9,77 persen.

Kejutan lalu terjadi pada survei SDI di bulan November 2020 atau satu bulan sebelum hari H pemilihan. Elektabilitas Imelda naik menjadi 23,20 persen dari sebelumnya 21,60 persen dan menjadi yang tertinggi. Sementara Hidayat turun dari 24,40 persen menjadi 19,80 persen.

Sementara Hadianto naik dari 18,00 persen menjadi 22,40 persen dan menempati urutan kedua. Sedangkan Aristan juga naik, namun tidak terlalu signifikan. Elektabilitas Aristan naik dari 10.00 persen menjadi 14,40 persen dan menempati posisi buncit.

“Dengan tran survei yang terus menanjak naik, saya yakini Imelda – Arena akan mememangkan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota pada 9 Desember 2020 nanti,” ujar Iksan Kalbi optimis.

Direktur Eksekutif SDI, Barkah Pattimahu yang dikonfirmasi sultengnews.com via WhatsApp membenarkan bahwa data yang disampaikan Ketua Koalisi Pemenangan Imelda – Arena, Iksan Kalbi benar dari survei Sinergi Data Indonesia yang dipimpinnya.

“Iya benar, itu data survei dari kami,” singkatnya.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Barkah Pattimahu enggan membenarkan lebih jauh mengenai survei tersebut. Namun yang jelas kata dia, data yang disamapikan Iksan Kalbi benar dari Sinergi Data Indonesia.

“Survei dilakukan pada akhir November dengan jumlah 440 responden,” tandas Barkah Pattimahu. FUL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *