Hasil Survei Poltracking; Elektabilitas 56,8 Persen, Rusdy Mastura “Gubernur” Sulteng

oleh -
Hasil Survei Poltracking Indonesia. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Hasil survei yang dilakukan Poltracking Indonesia terhadap peta kekuatan elektabilitas calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) pada tanggal 20 – 24 Oktober 2020, menunjukan elektabilitas Pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir berada diangka 56,8 Persen. Sementara pasangan Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandigala berada di angka 25,0 persen.

Peneliti Poltracking, Faisal saat memaparkan hasil survei peta kekuatan Calon Gubernur Sulteng, Senin (2/11/2020). FOTO : MAHFUL/SN

Hasil survei Poltracking ini, dipresentasikan peneliti Poltracking, Faisal di Hotel Best Western Palu pukul 10.30 Wita, Senin (2/11/2020).

Faisal menjelaskan, survei ini menggunakan metode statified multistage randong sampling dengan jumlah responden 1.200 yang tersebar dari Kabupaten Buol sampai Banggai Laut. Servei ini juga berbasis TPS dengan sampel 5 TPS 10 responden. Bahkan survai ini juga menyasar pemilih dengan latar belakang agama, suku dan tingkat pendidikan dari para pemilih.

Berdasarkan hasil survei ini, maka hampir bisa dipastikan Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir akan menjadi “Gubernur” Sulteng periode 2021 – 2025 mendatang, jika tidak ada trunami politik seperti yang terjadi di Pilkada Jakarta saat Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) harus kalah padahal hasil survei nya paling tinggi.

“Jika tidak ada tsunami politik atau puting beliung politik yang terjadi di Sulteng ini, maka bisa kami pastikan hasil Pilkada nanti akan sama seperti hasil survei ini. Kami sudah memiliki banyak pengalaman dalam melakukan survei termasuk saat Pilpres lalu, hasil survei poltracking selalu hampir sama dengan hasil dari KPU,” ujar Faisal menjelaskan keakuratan hasil survei itu.

Dijelaskan, ada 7 item yang diukur saat melakukan surve diantaranya; popularitas dan akseptabilitas calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, Elektabilitas Calon Gubernur, Elektabilitas Calon Wakil Gubernur, Elektabilitas pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, Peta sebaran elektabilitas Crosstab pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Potensi Partisipasi dan Preferensi Pemilih dan terakhir kasimpulan.

Faisal mengatakan, dari hasil survei personal Calon Gubernur, selama tiga kali dilakukan surve yakni Juli, September dan Oktober 2020 baik popolaritas maupun elektabilitas, Calon Gubernur Sulteng Nomor Urut 02 Rusdy Mastura, selalu unggul dari Calon Gubernur Nomor Urut 01 Hidayat Lamakarate.

Pada survei Juli 2020, Popolaritas Rusdy Mastura berada diangka 49,8 Persen, sementara Hidayat Lamakarate ada di angka 39,8 persen. Pada survei September, Rusdy Mastura berada diangka 56,5 persen, sementara Hidayat Lamakarate berada diangka 42,0 persen. Survey ketiga yakni Oktober 2020, Rusdy Mastura berada diangka 65,1 persen, sementara Hidayat Lamakarate berada diangka 50,2 persen.

Hasil Survei Poltracking Indonesia. FOTO : MAHFUL/SN

Begitu juga dalam survei Elektabilitas. Dari tiga kali survei, Rusdy Mastura selalu lebih unggul dari Hidayat Lamakarate. Pada survey elektabilitas Juli 2020, Rusdy Mastura berada diangka 37,3 persen, sementara Hidayat Lamakarate berada diangka 30,0 persen. Pada September, Rusdy Mastura berada diangka 45.3 persen, sementara Hidayat Lamakarate berada diangka 32,6 persen. Begitu juga pada survei Oktober ini, Rusdy Mastura berada diangka 57,2 persen, sementara Hidayat lamakarate berada diangka 39,5 persen.

Begitu juga dengan hasil survei popolaritas dan elektabilitas personal Calon Wakil Gubernur Ma’mun Amir dan Bartholomeus Tandigala. Calon wakil Gubernur Ma’mun Amir selalu lebih unggula dari Bartholomeus Tandigala. Pada Survei Juli, Elektabilitas Ma’mun Amir berada diangka 9,5 persen, sementara Bartholomeus Tandigala 3,0 persen. Pada survei September, Ma’mun Amir berada diangka 28,1 persen, sementara Bartholomeus Tandigala berada diangka 11,4 persen. Pada survei Oktober ini, Ma’mun Amir berada diangka 51,5 persen, sementara Bartholomeus Tandigala berada diangka 20,5 persen.

Sedangkan hasil survei terhadap pasangan yakni calon Gubernur dan Wakil Gubernur, maka hasilnya pasangan Rusdy Mastura – Ma’mun Amir berada diangka 56,8 persen. Sementara pasangan Hidayat Lamakarate – Ma’mun Amir berada diangka 25,0 persen.

“Semua survei ini, margin of erornya adalah 2,8 persen. Artinya, bisa naik dan bisa juga turun. Jika naik, maka pasangan Rusdy Mastura bisa mencapai 59,6 persen, dan jika turun bisa 54,0 persen. Sedangkan pasangan Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandigala, jika naik bisa 27,8 persen dan jika turun bisa 22,2 persen,” terang Faisal.

Faisal memastikan bahwa hasil survei yang dilakukan Poltracking Indonesia, bisa diujui secara ilmi dan akademis dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah juga.

“Survei yang kami lakukan ini, bisa diuji dan dipertanggungjawabkan secara ilmia,” tandasnya. FUL

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *