Hari Tani, Ma’mun Amir : Saya Pernah Membawa Banggai Dapat Penghargaan Dari Presiden RI Karena Surplus Beras

oleh -
Calon Wakil Gubernur Sulteng, Ma'mun Amir. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.COM – Semasa memimpin sebagai Bupati Banggai pada tahun 2008-2009, Ma’mun Amir pernah mendapatkan penghargaan dari Presiden RI karena produksi beras surplus diatas 5 persen.

Dilansir dari Luwuk Post (16/12/2009), produksi beras di Banggai mencapai 110,9 ribu ton dari total kebutuhan pangan sebesar 43.319 ton per tahun. Produksi beras Banggai pada tahun 2009 mencapai 141.504 ton dan pangan non beras sebesar 12.725 ton.

Hari ini Kamis, (24/9/2020) bertepatan momentum 60 tahun kelahiran Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria atau yang biasa dikenal UU Pokok Agraria, Sehingga tanggal 24 September ditetapkan sebagai peringatan Hari Tani.

Cawagub dari paslon nomer dua ini, Ma’mun Amir bersama Kak Cudy memiliki komitmen pada sektor pertanian, karena tidak dapat dipungkiri Sulawesi Tengah memiliki sumberdaya alam yang potensial mulai dari hasil pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan.

“Saya dan Kak Cudy akan mendorong Kabupaten/Kota untuk mengembangkan potensi daerah seperti misalnya pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan. Melalui 10 program unggulan salah satunya Sulteng Agro dan Perikanan,” tutur Ma’mun (24/9/2020)

“Isi program tersebut adalah penyediaan Tabungan Pangan Desa dan Asuransi untuk Petani dan Nelayan.
Meningkatkan Sarana dan Prasarana Alat-Alat Perikanan Tangkap, Budidaya Hasil Laut, Konverter Kit, dan Perahu Motor untuk Nelayan. Kemudian Meningkatkan Sarana dan Prasarana Bantuan Pupuk Organik Bersubsidi, Bibit, dan Penerapan Teknologi Pertanian,” tambahnya. RED

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *