Hari Ini, Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Periksa Kesehatan di RSUD Undata

oleh -
Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Hari ini, 6 September 2020 pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) akan melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata yang ditetapkan sebagai rumah sakit pemeriksaan kesehatan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng.

Sebagaimana diketahui, paslon yang telah mendaftarkan diri untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Sulteng, hanya ada dua paslon yakni Rusdy Mastura – Ma’mun Amir dan Hidayat Lamakarate – Bartholomeus Tandigala.

“Setiap bakal pasangan calon harus menyiapkan baju olahraga, karena akan ada trending spa,”ungkap Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan, dr. Alfred saat wawancara dengan sejumlah wartawan, di ruangan aula kantor KPU Sulteng, Sabtu (05/09/2020).

Disampaikan, kepada baka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk puasa 15 jam, jadi mulai sebentar malam sudah bisa puasa, karena di pagi hari sekira pukul 07.30 Wita pihaknya akan mulai pemeriksaan dan juga melakukan ronsen.

Sebelum dilakukan pemeriksaan kepada bakal calon tersebut, terlebih dulu akan diberikan snak serta minuman, sesudah itu akan dilakukan pemeriksaan yang baik.

dr. Alfred mengatakan, pada saat yang bersamaan dari Badan Nasional Narkotika (BNN) Sulteng akan mengambil tes urin, dengan alat khusus yang sudah memanuhi syarat yang akan dikirim dari Jakarta, namun kemungkinan hari Senin akan tiba, sehingga terjadi keterlambatan.

Dia juga menerangkan, pemeriksaan psikologi, akan dilakukan pada 10 September, karena dari psikolog meminta suatu tempat khusus yang harus steril, dan perlu dijaga petugas keamanan agar terjaga privasi dari paslon.

“Saya mengharapkan untuk istirahat bagi para bakal calon gubernur dan wakil gubernur, jadi sebentar malam baiknya beristirahat dan tidak begadang karena besok Jam 07.30 akan bertemu di rumah sakit,”terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming menyebut, jauh sebelum pendaftaran pihaknya telah menyampaikan bagi pasangan calon yang ingin mendaftarkan di KPU harus melakukan tes swab terlebih dulu untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan dan lainnya.

“Untuk pemeriksaan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sampai batas waktu yang ditentukan yakni 11 September 2020,”sebutnya.

Dia menuturkan, karena dalam setiap tahapan yang dilakukan oleh KPU Sulteng haru mematuhi peraturan protokol kesehatan covid-19.

“Jika ada kerumunan massa yang dibawa pasangan calon dan terdapat keramaian di luar, maka itu merupakan tanggungjawab dari pasangan calon tersebut,”pungkasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *