Harga Jahe Merah di Kota Palu Tembus Rp70 Perkilo

oleh -
Nani, salah seorang penjual jahe merah di Pasar Manonda, Kota Palu. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Berdasarkan pantauan sultengnews.com sore ini disalah satu pusat perbelanjaan tradisional pasar Masomba Kota Palu, harga jahe merah naik menjadi Rp70 ribu perkilogram, hal itu terjadi sejak tujuh hari lalu.

Kenaikan harga jahe merah itu bukan tanpa sebab, beredarnya informasi khasiat jahe merah yang dapat menangkal virus corona (Covid-19), sehingga banyak masyarakat yang memburunya.

Sekaitan dengan itu, data resmi nasional pertanggal 27 Maret 2020, menunjukan sudah 1.155 orang yang positif terinfeksi Covid-19, 59 orang sembuh dan 102 orang meninggal dunia.

Sementara, data resmi yang dikeluarkan Pemerintah Sulteng mengenai update informasi Covid-19 melalui Pusdatina Sulteng per tanggal 28 Maret 2020, pukul 16.00 Wita. Sebelumnya 1 orang dinyatakan positif, namun bertambah menjadi 2 orang positif Covid-19, kemudian orang dalam pemantauan (ODP) 44 orang, dan pasien dalam pengawasan (PDP) 28 orang.

Seiring dengan bertambahnya jumlah orang terinfeksi wabah Covid-19, konsumsi obat-obatan tradisional jahe merah semakin meningkat, dengan begitu harga jahe merah ikut melonjak.

Salah seorang penjual rempah, Nani (52) mengakui kenaikan harga jahe merah sejak merebaknya virus corona di Indonesia.

“Sebelum adanya virus corona harga normal jahe merah dari kisaran Rp30 ribu sampai Rp35 ribu perkilogram, saat ini harga jahe merah meningkatkan mencapai Rp70 ribu,” ucap Nani saat ditemui di Pasar Masomba Kota Palu, Sabtu (28/03/2020).

Ia menuturkan, sejak adanya kabar terkait Covid-19 warga Kota Palu banyak yang membeli jahe merah, hampir setiap harinya selalu ada yang datang membeli jahe merah.

“Dari adanya kabar mengenai virus corona, banyak orang datang membeli. Hampir setiap hari ada pembeli, kata mereka sebagai penangkal virus corona,” tuturnya.

Nani juga menjual jahe merah dengan harga per ons Rp10 ribu, sehingga dalam sehari bisa mendapatkan hasil sampai Rp200.000.

Bahkan, ditempat yang sama, ada juga penjual rempah yang menjual jahe merah seharga Rp100.000 perkilogram. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *