Hak Suara Pengidap Covid-19 Menjadi Perhatian Khusus KPU Sulteng

oleh -
Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming, saat ditemui di Gedung Olahraga Siranindi, Kota Palu. FOTO : MIFTAHUL AFDAL

PALU, SULTENGNEWS.COM – Pengidap covid-19 menjadi perhatian khusus bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang tinggal beberapa hari lagi.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming saat ditemui di Gedung Olahraga Siranindi, Kota Palu, Senin (07/12/2020).

“Semakin banyak pengidap covid-19 yang memiliki hak pilih, itu juga menjadi tanggungjawab kami hak suara mereka menjadi perhatian khusus kami, tetapi lebih penting lagi diluar kami dinas terkait dan satuan tugas. Kami minta juga bekerjasama dengan kami karena kami tidak bisa bekerja sendiri,”ungkapnya.

Tanwir mengatakan, dirinya telah mengintruksikan KPU kabupaten dan kota melakukan kordinasi dengan intansi terkait dan satuan tugas untuk memastikan pelayanan ke tempat-tempat isolasi. Baik tempat isolasi dari pemerintah maupun mandiri agar bisa diketahui terutama data-data dari pengidap covid-19. Sebab, baginya hal itu berkaitan dengan pelayanan KPU.

Disamping itu juga, kata Tanwir, pihaknya mendorong KPU kabupaten dan kota untuk bekerjasama dalam melayani pengidap covid-19.

“Karena kita tahu bahwa mereka juga punya protap tidak mungkin KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) kita menemui secara langsung pengidap covid-19. Melayani dan memberi surat suara pasti ada protap tertentu, mungkin orang terdekat saja yang berinteraksi dengan mereka,”ucapnya.

“Sehingga itu mutlak kami butuhkan bantuan dari satuan tugas dan dinas terkait,”sambung Tanwir.

Menurut Tanwir, proses pelayanan kepada pengidap covid-19 pasti akan dilakukan secara dor to dor, baik pengidap covid-19 isolasi di rumah, jadi KPU datang ke rumah mereka.

Tanwir menjelaskan, pelayanan kepada pengidap covid-19 setelah jam 12 lewat,. menurut Tanwir yang terpenting adalah data untuk mengetahui keberadaan penderita covid-19.

“Minimal teman-teman sudah kordinasi kan dengan PPK dan PPS tentu akan berkordinasi dengan KPPS,”jelasnya.

“Kami berharap bahwa kami tidak sendiri melakukan itu tapi ada bantuan dari satuan tugas atau dinas terkait,”pungkasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *