Hadiri Pisah Sambut Danlanal Palu, Gubernur Sampaikan Sulteng Miliki Potensi Alam yang Melimpah

oleh -
Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura saat menghadiri acara pisah sambut dan serah terima jabatan Komandan Pangkalan TNI AL Palu dari pejabat lama Komandan Lanal Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting M Tr. Hamla kepada pejabat baru Letkol (P) Mohammad Catur Soelistyono SH, CHRMP bertempat di Ruang Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Ahad, 27 Maret 2022 malam. FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura menghadiri acara pisah sambut dan serah terima jabatan Komandan Pangkalan TNI AL Palu dari pejabat lama Komandan Lanal Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting M Tr. Hamla kepada pejabat baru Letkol (P) Mohammad Catur Soelistyono SH, CHRMP bertempat di Ruang Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Ahad, 27 Maret 2022 malam.

“Selaku pimpinan daerah saya mengucapkan selamat datang kepada pejabat baru Letkol (P) Mohammad Catur Soelistyono dan selamat bertugas kepada pejabat lama Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting M Tr. Hamla, terima kasih dan apresiasi terhadap kinerja dan konstribusi yang telah diberikan,” ujarnya gubernur.

Menurut Gubernur, Sulawesi Tengah memiliki berbagai potensi alam yang melimpah misalnya pada pertanian berupa jagung, bawang, tomat dan cabai, dari sektor perkebunan berupa coklat, durian, karet dan kelapa sawit, peternakan berupa sapi, kelautan berupa ikan, udang vaname, rumput laut, Sulawesi Tengah juga memiliki aneka tambang dengan delapan jenis komoditi antara lain nikel, emas, besi, tembaga, gas alam, galian c dan seterusnya.

Lebih lanjut, Gubernur menyampaikan pihak pemerintah telah memiliki program strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa melakukan MoU dengan BRI tentang penyaluran KUR yang telah nampak keberhasilannya dengan penurunan angka kemiskinan Sulawesi Tengah sebesar 1% dan lanju pertumbuhan ekonomi 11% pada tahun 2021, bahkan dari data terbaru BPS tahun 2022 menunjukkan kemiskinan yang harus diselesaikan tinggal 12% dari sebelumnya 13%. Bahkan Presiden Ir. Joko Widodo telah merestui perpanjangan penyaluran KUR hingga bulan Desember 2022.

Selain itu, juga ada pengembangan kawasan food estate dan industri perikanan halal di Kabupaten Banggai Laut yang hasilnya akan dikirim ke Kalimantan khususnya ke IKN, karena Sulawesi Tengah kedepannya adalah penyangga IKN, Smart village untuk memberdayakan masyarakat desa dengan koneksi internet gratis melalui dana desa.

Pada bulan Agustus akan digelar Festival Danau Poso dan akan dijadikan kawasan 1000 megalite sebagai icon parawisata dunia yang berada di Sulawesi Tengah serta Kawasan Taman Nasional Talaga yang berada di Kabupaten Donggala.

Pada kesempatan itu, pejabat baru Letkol (P) Mohammad Catur Soelistyono SH, CHRMP  memperkenalkan diri sebagai pejabat Danlanal Palu yang baru menggantikan pejabat Danlanal lama yang mendapat tugas penting di ibukota Jakarta.

“Kami berasal dari Jawa Timur, aslinya dari Kediri. Kami siap untuk meneruskan tugas Kolonel Martin meskipun bukan tugas yang mudah dan ringan, kami akan berusaha meneruskan apa yang sudah beliau laksanakan, kami juga mohon bimbingan dan arahan dari bapak Gubernur beserta Forkopimda yang berada di Sulawesi Tengah mengingat wilayah kerjanya sangat luas. Kami mohon arahan dan bimbingan supaya tidak salah melangkah,” ujarnya.

Sementara itu, pejabat lama Komandan Lanal Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting M Tr. Hamla menyampaikan telah menjabat sebagai Komandan Lanal Palu kurang lebih 1 tahun, suka duka dan tugas pokok sebagai pangkalan TNI Angkatan Laut dalam mendukung pemerintah daerah khususnya Pemerintah Sulawesi Tengah dalam tenggang waktu satu tahun telah melaksanakan penanganan konflik, pelaksanaan vaksinasi serta baksos khususnya masyarakat yang berada di pesisir pantai yang berada di Sulawesi Tengah.

Dalam menjalankan tugasnya, Kolonel Marinir Marthin Luther menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Gubernur yang telah banyak membantu terutama dalam pengadaan kendaraan operasional, sekaligus pada kesempatan itu dirinya mohon pamit dan akan melaksanakan tugas yang baru di Ibukota Jakarta khususnya di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut.

Serah terima jabatan juga dirangkaikan dengan penandatangan prasasti Lapangan Tembak Aminuddin Ponulele oleh Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura disaksikan oleh pejabat lama Komandan Lanal Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting M Tr. Hamla dan pejabat baru Letkol (P) Mohammad Catur Soelistyono SH, CHRMP dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata.

Hadir pada kesempatan itu Ketua DPRD Provinsi Sulawesi, unsur Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Tengah, Wakil Bupati Parigi Moutong, Sekertaris Kota Palu. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.