Habib Rizieq Positif Covid-19?

oleh -
Imam Besar Frant Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab. FOTO : IST

JAKARTA, SULTENGNEWS.COM – Imam besar Front Pembela Islam (FPI) dikabarkan positif Covid-19 setelah foto hasil tes swab (tes usap) atas nama Rizieq Shihab beredar luas di media sosial sejak semalam hingga saat ini.

Foto hasil swab tes atas nama Rizieq Shihab dengan hasil positif Covid-19 beredar luas di media sosial. Dalam surat itu tertulis bahwa tes usap telah dilakukan pada 27 November 2020, dengan nomor registrasi 801127175.

Disurat itu juga dicantumkan bahwa hasil validasi dikeluarkan oleh MER-C dengan keterangan hasil tes swab Rizieq Shihab positif Covid-19 pada 28 November 2020.

Inilah foto hasil tes swab yang disebut – sebuat hasil swab Habib Rizieq Shihab. Sumber Kompas.com

Dikutib dari Kompas.com, atas surat itu, Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad membantah pihaknya telah mengeluarkan surat hasil tes usap Rizieq. “Ya itu bukan dari MER-C,” ujar Sarbini saat dikonfirmasi, Rabu (2/12/2020).

Menurut Sarbini, hasil tes usap sejauh ini merupakan privasi yang telah diserahkan oleh MER-C langsung ke pihak keluarga Rizieq Shihab. “MER-C kata dia tidak pernah menyampaikan hal ini keluar karena hasilnya sudah diserahkan ke keluarga, karena itu rahasia pasien yang tidak berhak MER-C umumkan,” kata Sarbini.

Meski demikian, Sarbini membenarkan bahwa Rizieq telah menjalani tes usap sesuai dengan tanggal yang sama seperti tercantum dalam surat yang beredar itu. “Iya (benar),” katanya.

Sebelumnya, Rizieq disebut telah menjalani tes usap yang dilakukan tim medis MER-C saat dia dirawat di Rumah Sakit (RS) Ummi Bogor, Jawa Barat.

Namun, pelaksanaan tes usap itu dilakukan tanpa sepengetahuan Satgas Covid-19 Kota Bogor ataupun pihak RS Ummi. Satgas Covid-19 Kota Bogor belum mendapatkan hasil tes usap Rizieq dan meminta agar segera memberi hasil pemeriksaan itu jika memang sudah ada pemeriksaan.

Belakangan diketahui, bahwa MER-C tidak mempunyai laboratoriun yang terdaftar sebagai tempat pemeriksaan sampel Covid-19. RED

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *