Gubernur Sulteng Tinjau Langsung Korban Banjir di Desa Rogo Sekaligus Serahkan Bantuan Sembako

oleh -
Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura memberikan bantuan peralatan masak untuk korban Banjir Bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Kamis (2/9/2021). FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

SIGI, SULTENGNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura mengunjungi korban Banjir Bandang di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Kamis (2/9/2021).

Gubernur yang didampingi Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata mengunjungi langsung masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi pada tanggal 29 Agustus 2021.

Saat mengetahui terjadinya bencana banjir dan tanah longsor pada tanggal 29 Agustus 2021, gubernur langsung mengintruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk memberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana tersebut.

Setelah mendapatkan instruksi gubernur, Dinas Sosial Provinsi Sulteng langsung memberikan bantuan beras sebanyak 15 ton melalui Pemerintah Kabupaten Sigi. Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan dukungan peralatan untuk membersikan puing – puing kayu yang terbawa banjir dan tanah longsor.

Hari ini, tanggal 2 September 2021 Gubernur Rusdy Mastura hadir secara langsung dan membawa bantuan pribadi berupa peralatan masak untuk dapur umum dan tabung gas.

Selanjutnya, gubernur menyerahkan bantuan berupa makanan siap saji, makanan anak, sembako 200 paket, masker medis 500 pcs, masker kain 1000 pcs dan rapid antigen 100 pcs.

Pada kesempatan itu, gubernur meminta kepada Satker PJSA dan JICA, kiranya dapat membantu beberapa desa rawan longsor Sabo Dump, seperti yang telah dibangun  JICA di Desa Bangga, Desa Poi. Kiranya dapat juga dibangun di beberapa lainnya terutama di Desa Rogo dan Beka.

Diakhir kunjungannya, gubernur dan rombongan meninjau pembangunan Sabo Dum yang di Bangun JICA di Desa Poi. Dalam kesempatan itu, gubernur meminta penjelasan dari pelaksana proyek Sabo Dum JICA Goldman Dolinsi terkait progres pembangunan Sabo Dum yang ada di POI dan Bangga.

Gubernur meminta kepada Bupati Sigi agar mendampingi gubernur pekan depan menghadap Menteri PUPR untuk menyampaikan permohonan pembangunan pemulihan bencana Sigi dan Bencana Sulawesi Tengah dan juga pembangunan infrastruktur prioritas yang sudah direncanakan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Gubernur juga meminta Bupati Sigi agar mendorong masyarakat untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan baik dengan meminta masyarakat untuk membentuk kelompok kerja mendukung masyarakat mempersiapkan proposal untuk mendapatkan KUR tersebut dengan bunga rendah dan pinjaman dibawah 100 juta, tidak ada agunan.

“Saya minta juga agar bank tidak mempersulit masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas KUR tersebut,” kata gubernur. FUL/*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.