Gubernur Sulteng Terima Konjen Australia

oleh -

Gubernur Sulteng Drs. H Longki Djanggola, M.Si  terima kunjungan Konsulat Jenderal Australia Perwakilan Makassar Mr. Richard Mathew. FOTO : IST

PALU,SULTENGNEWS.com –  Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs. H Longki Djanggola, M.Si  menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia Perwakilan Makassar Mr. Richard Mathew di ruang kerjanya, Senin (18/9/2018).

Dalam kesempatan itu, Gubernur didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, Drs. Irwan Lahace, M.Si.

Dalam pertemuan dengan Gubernur itu, Mr. Richard mengungkapkan kepada gubernur bahwa kedatangannya bertujuan untuk mempererat hubungan Australia dengan Indonesia, khususnya menjalin jaringan kerjasama dengan sebelas provinsi di kawasan timur Indonesia. Salah satunya Provinsi Sulawesi Tengah.

Richard yang berbicara menggunakan bahasa Indonesia cukup fasih memaparkan, diantara kerja sama yang ingin dibangun adalah bidang perdagangan, investasi dan pendidikan. Australia katanya, dibidang pendidikan menyediakan berbagai beasiswa. Yang paling populer adalah beasiswa Australian Award.

Beasiswa Australia Award Scholarship ini, setiap  tahun dibuka pada awal Februari hingga akhir April. Setelahnya, dibuka kembali pada April hingga Juni untuk beasiswa Endeavour Scholarship and Fellowships. Sedangkan Republik Indonesia menyediakan beberapa ragam beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Beasiswa Dikti dan Beasiswa Kementerian Agama.

Gubernur menyambut hangat kedatangan Konsulat Jenderal Mr. Richard. Gubernur mengungkapkan, pihaknya telah beberapa kali berkunjung ke Australia dan berkeliling kebeberapa ibu kota negara bagian, Sydney dan Melbourne. Salah satu putranya pernah mengenyam pendidikan magister di negeri Kangguru tersebut. Dia juga melihat fasilitas di Australia sangat mendukung bagi para mahasiswa yang akan melanjutkan studinya.

“Di sana (Australia), kampus bagus dan didukung sarana semua ada. Kota yang paling enak. Transportasi tidak susah, Udara juga tidak dingin-dingin amat. Saya sudah pernah kesana dan kebetulan anak saya lulusan sana. Dia cari informasinya dari internet”, ucap orang nomor satu di Sulteng ini. BIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *