Gubernur Sulteng Resmi Melantik Rudy Dewanto Sebagai Pj Sekprov

oleh -
Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura resmi melantik Dr. Rudy Dewanto, SE, MM, sebagai Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulteng di ruang polibu Kantor Gubernur pada Senin, 1 Agustus 2022.

PALU, SULTENGNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura resmi melantik Dr. Rudy Dewanto, SE, MM, sebagai Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulteng di ruang polibu Kantor Gubernur pada Senin, 1 Agustus 2022.

Pelantikan Pj. Sekda Provinsi Dr. Rudy Dewanto ini, berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomer 821/4354/SJ tanggal 27 Juli 2022 hal persetujuan Penunjukan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT Tuhan yang maha kuasa, berkat limpahan rahmat, Taufik dan Hidayahnya sehingga baru acara pelantikan dan pengambilan sumpah penjabat sekretaris daerah Provinsi Sulteng Dr.H. Rudi Dewanto, SE, MM berjalan tertib dan lancar.

“Selamat kepada bapak Rudi Dewanto selaku Pj. Sekretaris daerah yang baru, yang mana sebelumnya telah menjabat sebagai Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Dengan peningkatan status jabatan ini, semoga menjadi momentum untuk bekerja lebih produktif, terkhusus dalam rangka memantapkan koordinasi dan komunikasi dengan jajaran OPD dan stakeholder pembangunan dan pemerintahan sampai dengan dilantiknya sekretaris daerah provinsi yang definitive,” ujar Gubernur Rusdy Mastura.

Gubernur menyampaikan, Pj. Sekretaris Daerah mempunyai tugas-tugas strategis yang diantaranya menerjemahkan konsep dan gagasan, pemikiran kepala daerah untuk dituangkan ke dalam program kebijakan “gerak cepat menuju sulawesi tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju”.

“Apabila kepala daerah diumpamakan sebagai otak, maka saudara merupakan jantungnya. Kalau jantung berdenyut cepat, maka dipastikan aktivitas organ-organ yang lain yaitu seluruh OPD dan ASN , akan meningkat pesat, sehingga kinerjanya berjalan optimal dan memuaskan, akan tetapi jika denyut jantung pelan dan lambat, maka pertanda organ-organnya sedang istirahat, sehingga kinerja OPD dan ASN dapat disimpulkan biasa-biasa saja, atau bahkan kurang memuaskan,” kata gubernur.

Untuk itu, gubernur menaruh harapan kiranya Pj. Sekda yang baru dapat menjadi teladan, menciptakan inovasi dan mendorong ekosistem kerja yang produktif di seluruh OPD, dan ASN terutama tugas terdekat saat ini yakni untuk mengawal pelaksanaan tahapan seleksi jabatan tinggi madya Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, yang telah dibuka mulai hari ini, 1 Agustus 2022.

“Semoga dapat berjalan dengan akuntabel dan transparan, guna mendapatkan figur birokrat terbaik, untuk mengisi jabatan sekretaris daerah yang defenitif yang telah kosong selama hampir 2 tahun lamanya,” pesan gubernur.

Pada kesempatan itu, gubernur juga meminta kepada OPD dapat mengoptimalkan kinerjanya untuk dapat meningkatkan pertumbuhan pembangunan di Sulteng.

Gubernur menyampaikan bahwa prioritas saat ini adalah terus meningkatkan fiskal daerah, sebab jika fiskal daerah sudah tinggi, maka semua program kerja untuk pembangunan, pengurangan angka kemiskinan dan stunting dapat diwujudkan.

“Saat ini, kita bersyukur angka kemiskinan sudah menurun 1 persen, Gini Rasio sudan membaik dan pertumbuhan pembangunan Sulawesi Tengah bertumbuh baik bisa mencapai 11,70 persen,” papar gubernur.

“Kita juga bersyukur, perusda sudah dapat menyumbang untuk peningkatan pendapatan daerah yang selama ini merugi. Saat ini, dapat menyumbang PAD sebesar 120 Miliar. Kedepan kita berharap, fiskal daerah kita bisa meningkat hingga 2-3 Triliun,” harap gubernur.

Pelantikan Pj. Sekdaprov Dr. Rudy Dewanto , SE,MM, dihadiri juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. H. Faisal Mang, MM yang sebelumnya menjabat Pj. Sekda Provinsi Sulteng yang diusulkan kembali, tapi sehubungan dengan batas umur sesuai ketentuan tidak mendapat persetujuan dari Kemendagri dan dihadiri Kepala OPD Provinsi Sulteng. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.