Gubernur Sulteng Buka PKA Angkatan VII dan PKP Angkatan VI Secara Virtual

oleh -
Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura secara resmi membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VII dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan VI secara virtual bertempat di Ruang Kerja Gubernur, Senin 4 April 2022. FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura didampingi Kepala Badan Pengembangan SDMD, Dr. Drs. Adijoyo Dauda, M.Si, Kepala BKD Asri SH, M.Si dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Eddy Nicolas Lesnusa, S.Sos secara resmi membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VII dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan VI secara virtual bertempat di Ruang Kerja Gubernur, Senin 4 April 2022.

Mengawali sambutannya, Gubernur H. Rusdy Mastura memberikan apresiasi kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Tengah yang telah melaksanakan PKA Angkatan VII dan PKP Angkatan VI dalam rangka pengembangan kepemimpinan untuk peningkatan kualitas kepemimpinan yang terpadu terhadap individu dan organisasi.

Pelatihan dimaksud dalam rangka mencapai tujuan organisasi sebagai respon atas kebutuhan untuk mempersiapkan para pemimpin yang berkompeten dalam menghadapi tantangan dan kondisi ketidakpastian global melalui pelatihan kepemimpinan yang yang tepat.

Gubernur berharap BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah mampu mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan, kinerja dan pelayanan untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan administrator dan pengawas yang memiliki kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan dalam memberikan pelayanan publik sesuai standar operasional prosedur dan terselenggaranya peningkatan kinerja dan pelayanan secara berkesinambungan.

Melalui pelatihan administrator dan pengawas, Gubernur berharap para peserta dapat beradaptasi pada semua pembelajaran yang didapatkan dan diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari khususnya di instansi masing-masing peserta sehingga dapat mencapai birokrasi yang mampu melahirkan daya saing dalam menggerakkan sebuah organisasi demi tercapainya kinerja dan pelayanan yang maksimal demi mewujudkan visi-misi Gubernur gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera.

“Kepada para peserta saya ucapkan selamat mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator dan pengawas, saya berharap semoga saudara-saudara bisa melaksanakan kinerja dan pelayanan sesuai dengan bidang tugasnya dengan melakukan inovasi dan mampu berkolaborasi dengan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal dalam meningkatkan kinerja organisasi serta pelayanan unit,” ujar gubernur.

“Saya berharap dari hasil pelatihan ini, melahirkan inovasi perubahan dan kontribusi besar bagi pembangunan daerah. Buktikan lah bahwa anda memang pantas menjadi pemimpin perubahan dan kepada panitia penyelenggara saya sampaikan penghargaan atas kerja keras dan dedikasi dalam mencetak SDM yang unggul,” sambung gubernur.

Sebelumnya, Kepala BPSDMD Sulteng melalui Kabid PKMFF Muh. Riyan STP, M.Si dalam laporannya menyampikan tujuan penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan administrator dan pelatihan kepemimpinan pengawas guna mengembangkan potensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial pada jabatan administrator dan jabatan pengawas sehingga menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan pengawas dan administrator.

Sasaran penyelenggaraan pelatihan, peserta memiliki kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan dengan baik dan efisien sesuai dengan SOP dan terselenggaranya peningkatan kinerja organisasi secara berkesinambungan.

“Pelatihan kepemimpinan administrator angkatan 7 berlangsung selama kurang lebih 91 hari dan pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan 6 berlangsung selama kurang lebih 96 hari dimulai pada hari ini yang dilaksanakan dengan metode blended learning yaitu gabungan antara learning dan classical dengan menggunakan aplikasi ASN unggul. Aplikasi yang dikembangkan oleh BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, tahap latihan kepemimpinan administrator dimulai tanggal 4 April sampai dengan 23 Mei 2022.  Tahap 2, mulai tanggal 24 Mei sampai dengan 22 Juli tahun 2022 hingga tanggal 23 sampai dengan 27 juli 2022.

Pelatihan kepemimpinan pengawas mulai tanggal 4 April sampai dengan 24 Mei, tahap 2 mulai tanggal 25 Mei sampai dengan 23 Juli dan tahap 3 mulai tanggal 25 Juli 2022.

Struktur kurikulum terdiri dari empat agenda pembelajaran yaitu agenda kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme, agenda manajemen kinerja, agenda aktualisasi.  Kurikulum selanjutnya ; agenda kepemimpinan Pancasila dan bela negara, agenda kepemimpinan pelayanan, agenda pekerjaan dan agenda aktualisasi kepemimpinan serta dilaksanakan pulan pembelajaran orientasi program dan evaluasi.

Peserta PKA Angkatan VII dan PKP Angkatan VI masing-masing berjumlah 40 orang yang berasal dari tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah. kepada peserta yang dinyatakan lulus akan diberikan surat tanda tamat pelatihan atau sertifikat kompetensi dan bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus akan diberikan surat keterangan telah mengikuti pelatihan atau sertifikat.

Pembukaan PKA Angkatan VII dan PKP Angkatan VI dilanjutkan dengan pengucapan janji peserta serta menyanyikan lagu hymne pamong Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti.

Turut hadir secara virtual pada kesempatan itu Bupati/Walikota se-Sulawesi Tengah (mewakili), Kepala Dinas, Badan, OPD provinsi, kabupaten/kota, Widyaiswara BPSDM, Mentor, Penjamin Mutu Internal Kediklatan BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah serta Pejabat Administrator dan Pengawas. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.