Gubernur Rusdy Mastura Minta Semua OPD Mempercepat Realisasi Anggaran di Masing – Masing Instansi

oleh -
Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura saat bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bendera Setiap Bulan Berjalan Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sulteng, Senin 19 September 2022. FOTO : HUMAS PEMPROV SULTENG

PALU, SULTENGNEWS.COM – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bendera Setiap Bulan Berjalan Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sulteng, Senin 19 September 2022.

Upacara Bendera Bulanan Lingkup Pemerintah Provinsi Sulteng diikuti Oleh Kepala OPD dan Pejabat dan Staf ASN dan Non ASN Lingkup Pemerintah Provinsi Sulteng.

Gubernur menyampaikan sambutan bahwa saat ini, di bulan September merupakan bulan terakhir triwulan tiga.

Gubernur meminta kepala OPD untuk sebisa mungkin mempercepat realisasi anggaran di instansinya masing-masing.

“Jangan sampai mengendap terlalu lama uang mengendap di bank, yang mengakibatkan rendahnya serapan dan terlambatnya eksekusi program kegiatan,” ujar Gubernur Rusdy Mastura.

Gubernur menyampaikan bahwa sesuai laporan rekapitulasi Badan Pendapatan Provinsi perihal tunggakan pajak dari 659 unit kendaraan dinas di seluruh OPD Provinsi tahun 2022 yang berkisar lebih dari 669 Juta Rupiah agar setiap OPD segera membayar tagihan pajak kendaraan dinas ini secepat mungkin, supaya menjadi contoh ke masyarakat sehingga taat membayar pajak kendaraan bermotor tepat pada waktunya sebagai wujud kontribusi  bagi pembangunan Sulteng.

“Untuk mempercepat belanja pemerintah daerah, maka saya melihat diperlukan inovasi dan strategi OPD supaya belanja tersebut efektif dalam mendongkrak perekonomian, mensejahterakan masyarakat, membuka lapangan kerja dan menurunkan kemiskinan,” terang gubernur.

Gubernur juga meminta agar ASN dapat mengadopsi dan mempraktekkan birokrasi smart di Sulteng diantaranya reinventing government atau mewirausahakan birokrasi yang merupakan DNA baru sistem pemerintahan agar birokrasi Sulteng mampu berpikir out of the box untuk mengelola sumber daya yang ada secara efektif dan efisien untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Untuk itu, ASN sekalian harus jadi pelopor perubahan dalam merombak kultur birokrasi dari yang berorientasi dilayani manjadi melayani, dari lambat menjadi cepat, dari tertutup menjadi terbuka, dan dari sendiri-sendiri atau kelompok-kelompok menjadi kolaboratif.

Setelah upacara tersebut selesai, Bank Sulteng melakukan Undian Hadiah Tabungan ASN di Bank Sulteng sebagai dorongan kepada ASN untuk lebih mencintai Bank Sulteng. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.