Genjot PAD Lewat Galian C, Anggota DPRD Parimo Harapkan Ada Perhatian Terhadap Lingkungan

oleh -
Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Parimo, Moh.Zain. FOTO : IST

PARIMO, SULTENGNEWS.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis terus menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat galian C, lantaran potensi galian C cukup besar di kabupaten tersebut.

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parimo, Moh.Zain mengatakan, pihaknya memang bersentuhan langsung dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dalam upaya meningkatkan PAD Kabupaten Parimo.

Pasalnya, menurut Zain,Kabupaten Parimo tidak bisa hanya berpatokan dari sumber PAD melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Kita tidak bisa membangun daerah ini hanya sebatas mengandalkan dana DAU dan dana DAK yang sudah di atur juknisnya dari pemerintah pusat. Sehingga, tidak ada cara lain kita harus genjot PAD (dari galian C),”ujar Moh Zain kepada sultengnews, Kamis (18/03/2021).

Sebab kata dia, di masa pandemi covid-19 sekarang ini, terdapat beberapa sektor pendapatan yang tidak bisa dipaksakan pemungutannya seperti pajak rumah makan dan hotel. Olehnya, bagi dia, Pemda Kabupaten Parimo menggenjot PAD dari sektor yg lain terutama galian C.

Akan tetapi, DPRD Kabupaten Parimo mengharapkan kepada dinas tehnis meskipun harus mengejar PAD, namun harus perhatikan perlu memperhatikan hal-hal lainnya. Terutama kerusakan  lingkungan, sehingga harus bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), untuk kemudian di evaluasi kembali daerah mana saja yg bisa di kelolah dan daerah mana yang tidak bisa.

Saat ditanyakan, dugaan perbedaan data titik potensi galian C antara Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan DLH Kabupate Parimo, Zain enggan memberikan keterangan. Pasalnya, dirinya mengaku, pihaknya belum memiliki data real di Tahun 2021.

“Adapapun masaalah perbedaan data antara Dispenda dan DLH itu belum bisa saya memberikan tanggapan karena kami untuk 2021 ini belum mendapatkan data yg pasti,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *