Gempa Bumi di Sulbar Ditetapkan Status Tanggap Darurat

oleh -
Tim SAR Gabungan saat melakukan evakuasi terhadap korban gempa bumi di Provinsi Sulawesi Barat. FOTO : Humas Basarnas Kota Palu

SULBAR, SULTENGNEWS.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan status tanggap darurat bencana gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR yang melanda Kabupaten Mamuju dan Majene di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

“Tadi pagi telah ditetapkan status tanggap darurat di tingkat provinsi,”ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Dr. Raditya Jati, dalam video virtual akun resmi

Raditya juga mengungkapkan, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menyalurkan bantuan kepada Provinsi Sulbar sebanyak 4 miliar, sedangkan untuk Kabupaten Mamuju dan Majene masing-masing diberikan bantuan 1 miliar.

“Kepala BNPB telah menyerahkan bantuan sebesar 4 miliar untuk provinsi dan 1 miliar untuk masing-masing Kabupaten Majene dan Mamuju,”ungkapnya.

Raditya mengatakan, pengungsian bagi warga terdampak bencana gempa akan difokuskan di stadion di Mamuju dan di belakang kantor Gubernur Sulbar.

“Konsentrasi dari pengungsian hasil diskusi dengan Kementerian Sosial dan Kepala BNPB akan difokuskan di lokasi sekitar stadion di Mamuju dan juga di sekitar kantor Gubernur,”ucapnya.

Raditya menabahkan, bahwa proses evakuasi masih terus dilakukan dan tim SAR Operasi (Ops) telah dikirim menuju lokasi terdampak gempa di Provinsi Sulbar.

“Saat ini proses evakuasi masih  berjalan dan tim SAR Ops sudah dikirim dan akan membantu dalam proses evakuasi,”tutupnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *