Forum Masyarakat Tawaeli Terbentuk

oleh -

Keterangan Foto :

Para penginisiatif dan tokoh masyarakat foto bersama usai melakukan pertemuan di Warkop 87 Tawaeli. Dalam pertemuan itu disepakati pembentukan Forum Masyarakat Tawaeli. FOTO : IST

PALU, SULTENGNEWS.com – Sejumlah tokoh pemuda di Kecamatan Tawaeli, Kota Palu berinisiatif membentuk sebuah Forum Masyarakat Tawaeli sebagai wadah perjuangan bagi pembangunan Tawaeli yang lebih maju.

Sebagai bentuk keseriusan, para penginisiatif pembentukan Forum Masyarakat Tawaeli telah melakukan tiga kali pertemuan yakni pertama pada 3 Maret 2018, kedua pada 15 Maret 2018 dan pertemuan ketiga pada 17 Maret 2018 sekaligus membicarakan rencana pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) yang rencananya akan dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu.

Plt Bupati Donggala, Muhlis ikut dalam pertemuan pembentukan Forum Masyarakat Tawaeli serta berdiskusi dengan para penginisiatif pembentukan forum ini. FOTO : IST

Ketua Panitia Pembentukan Forum Masyarakat Tawaeli, Abdi Akhir Lamakasusa pada pertemuan 18 Maret 2018 di salah satu warkop di Tawaeli mengatakan, ide pembentukan forum tersebut sebagai wadah bagi masyarakat Tawaeli dimanapun berada untuk sama – sama memikirkan pembangunan Tawaeli yang lebih maju.

“Kita berharap, forum ini nantinya akan menjadi wadah bagi kita semua masyarakat Tawaeli, apa pun profesinya bisa berpartisipasi memberikan ide dan gagasan serta bersama – sama memperjuangkan pembangunan Tawaeli agar lebih maju dan berkembang,” ujar Abdi Akhir Lamakasusa dalam pertemuan, Sabtu (17/3/2018).

Dikatakan, dengan adanya forum ini, maka masyarakat Tawaeli secara keseluruhan dapat menyalurkan aspirasi utamanya yang berkaitan dengan pembangunan Tawaeli baik fisik maupun non fisik seperti pembangunan sumber daya manusia yang berkarakter dan bisa berbicara banyak di tingkat Kota Palu, Provinsi bahkan sampai ke tingkat Nasional.

“Apapun nanti namanya forum ini, akan kita bicarakan dan sepakati di Mubes nanti. Termasuk merumuskan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) yang akan menjadi nafar dari forum ini nantinya,” ujar Akademisi Universitas Tadulako (Untad) ini.

Sementara itu, ketua Stering Comite pelaksanaan Mubes, Gunawan, S.Km, M.Kes dalam pertemuan itu mengungkapkan, semua draf untuk melaksanaan Mubes telah disiapkan termasuk AD/ART yang nantinya akan dibahas oleh peserta Mubes.

“Sesuai rencananya, Mubes akan kita laksanakan tanggal 15 April 2018 di Hotel The Syah. Mudah – mudahany, semua persiapan tidak mengalami kendalam sehingga Mubes bisa dilaksanakan sesuai rencana,” katanya.

Dia sangat berharap, dengan terbentuknya Forum Masyarakat Tawaeli ini, bisa mewadahi seluruh kepentingan masyarakat Tawaeli baik pembangunan maupun kepentingan – kepentingan masyarakat lainnya, serta dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, maupun memberikan kritik yang sifatnya membangun kepada Pemkot.

Pertemuan yang digelar di Warkop 87 Tawaeli itu, dihadiri perwakilan lima kelurahan se- Kecamatan Tawaeli yakni Lambara, Panau, Baiya, Pantoloan dan Pantoloan Oge serta satu desa yakni Desa Nupabomba, Sekretaris Kecamatan Tawaeli, Lurah Panau, Lurah Baiya dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. FUL

Adapun tujuan Forum Masyarakat Tawaeli sesuai draf Stering Comite Yakni :

  1. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam melahirkan, melaksanakan serta bermitra dengan berbagai kebijakan pemerintah dalam program peningkatan dan pemberdayaan masyarakat dan pemuda Tawaeli.
  2. Ikut serta memasyarakatkan ( mensosialisasikan ) kebijakan program pemerintah dalam pemberdayaan dan pemberdayaan dan peran serta masyarakat dan pemuda Tawaeli.
  3. Memperjuangkan aspirasi pemuda serta masyarakat ditanah Tawaeli untuk mewujudkan demokrasi, ketentraman dan kesejahteraan
  4. Meningkatkan semangat para pemuda serta masyarakat untuk berkarya dan kreatifitas dan pembangunan Kota Palu kedepan.
  5. Menumbuhkembangkan nilai nilai kekeluargaan dan toleransi melalui silaturahim.        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *