Dua Pasangan Calon Independen Resmi Menyerahkan Mandat Ke KPU Palu

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Dua pasangan Calon Independen yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palu tahun 2020 resmi menyerahkan mandat pasangannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu

“Sudah dua calon Walikota Palu yang telah mendaftar dari jalur independen yakni Agusalim berpasangan dengan Jefri Wagiu dan Zainudin Tambuala berpasangan dengan Nursalam,” komisioner KPU Palu Divisi Teknis, Iskandar Lembah saat ditemui sultengnews.com di kantornya, Kamis (30/1/2020).

Dikatakan, sebelumnya Zainudin Tambuala berpasangan dengan Sahlan Lamporo. Namun mereka melakukan pergantian calon, sehingga KPU Palu memberikan mandat untuk pergantian calon dan yang adalah nama Nursalam sebagai pengganti dari Sahlan Lamporo.




Iskandar menjelaskan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh kedua calon independen tersebut yaitu menyerahkan dukungan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari para pendukung mereka, syarat tersebut akan berlangsung dari tanggal 19 hingga 23 Februari, kemudian setelah itu masuk tahapan mengecek administrasi terkait apakah ada KTP yang ganda atau KTP pendukung yang masih dibawah umur.

Selanjutnya, pihak KPU Palu akan berkordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu terkait KTP – KTP yang meragukan, kemudian tahapan selanjutnya yaitu verifikasi faktual dengan menanyakan langsung terkait KTP dukungan, apakah benar orang yang tertera di KTP tersebut mendukung.

“Yah mereka (Calon Independent) melalui beberapa tahapan, pertama pada tanggal 19 hingga 23 Februari penyerahan KTP para pendukung mereka. Selanjutnya pihak KPU Palu mengecek administrasi terkait apakah diantara pendukung calon independent tersebut masih di bawah umur atau ada yang meragukan dalam hal ini KTP PNS, TNI dan Polri yang masih aktif. Setelah itu, kita masuk ke tahapan verifikasi faktual,” ujarnya.




Setelah melalui tahapan faktual, barulah akan ketahuan calon Independen yang tidak memenuhi syarat.

“Jika diantara calon tidak memenuhi persyaratan, maka dilakukan pergantian dengan calon yang memenuhi persyaratan,” tandasnya. MAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *