Dua Desa di Tojo Una-una Diterjang Banjir Sampai Hanyutkan Rumah

oleh -
Situasi banjir yang merendam dan hanyutkan sejumlah rumah di dua desa di Kabupaten Tojo Una-una. FOTO : IST

TOJO UNA-UNA, SULTENGNEWS.COM – Sejumlah rumah di dua desa yakni Desa Mawomba dan Tayawa di Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah terendam, bahkan hanyut di terjang banjir.

Banjir tersebut, dikarenakan entitas hujan yang tinggi mengguyur Kabupaten Tojo Una-una sejak siang hari.

“Pada jam 14.00 Wita, terjadi hujan lebat di wilayah Kabupaten Tojo Una-una di Kecamatan Tojo Barat¬† yang mengakibatkan Sungai Mawomba meluap,”ucap Kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes, kepada sultengnews, Kamis (18/02/2021).

Andrias menyebut, luapan Sungai Mawomba mengakibatkan 4 rumah hanyut dan 20 rumah terendam di Desa Mawomba, Kecamatan Tojo Barat, Kabupaten Tojo Una-una dan ketinggian air saat Ini sekitar 50 cm sampai 1 meter.

Sementara itu, berdasarkan assessment dari Kepala Desa Tayawa, untuk Desa Tayawa, Kecamatan Tojo, sebesar 83 rumah terendam, yang terdiri dari 90 Kepala Keluarga (KK) atau 345 jiwa dan sebanyak 8 rumah hanyut.

Andrias menyampaikan, Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Parigi dengan 4 Porsenil langsung diberangkatkan ke lokasi kejadian dengan menggunakan truk personil.

“Mengevakuasi korban ke rumah sakit dan puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis lanjutan,”pungkasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *