dr. Reny : Hindari Virus Corona Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

oleh -

PALU, SULTENGNEWS.COM – Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah (Sulteng), dr. Reny Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes, menyampaikan bahwa cara terbaik menghindari virus corona yakni melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Cuci tangan di air yang mengalir dan menggunakan antiseptik atau sabun,” ujar dr. Reny Lamadjido saat dihubungi sultengnews.com, Senin (02/03/2020).




Dia menerangkan, masyarakat sedini mungkin harus melakukan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

“Banyak makan sayur buah, istirahat yang cukup delapan jam sehari, banyak mengkonsumsi air putih dan olah raga teratur minimal 5 kali seminggu, dengan waktu 30 menit, ” terangnya.

Menurut dr. Reny, jika mengalami batuk atau flu segera menggunakan masker dan menjaga kebesihan lingkungan sebagai pencegahan.

“Apabila merasa demam tinggi, batuk dengan gangguan pernafasan seperti sesak nafas, segera ke sarana kesehatan terdekat Puskesmas atau Rumah Sakit untuk mendapatkan penanganan lebih cepat,” tuturnya.




Untuk upaya penanggulangan virus corona di Bandara dan Pelabuhan kata Reny, akan di kawal oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan melakukan skrining setiap penumpang yang datang di Bandara dan Pelabuhan.

“Masyarakat tidak perlu resah, namun harus tetap waspada, dengan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan,”tandasnya. DAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *